[SALAH] “Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya Akan Mencanlonkan Diri Menjadi Walikota”

Judul suntingan / editan. Kompas.com menyatakan foto dengan judul berita itu tidak pernah ditayangkan. Berita itu diedit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Akun Oki Duta (fb.com/oki.duta.1) mengunggah gambar yang seolah merupakan tangkapan layar dari artikel berita di situs kompas.com dengan judul “Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya Akan Mencanlonkan Diri Menjadi Walikota”

Terdapat foto Gibran Rakabuming Raka di artikel yang ditulis oleh Kontributor Kompas.com Solo, Labib Zamani itu. Artikel seolah dimuat pada Jumat, 24 April 2020 pukul 11:46 WIB.

Sumber : https://perma.cc/45CL-G6L9 (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa ada artikel berjudul “Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya Akan Mencanlonkan Diri Menjadi Walikota” di situs kompas.com adalah klaim yang salah.

Faktanya artikel tersebut adalah suntingan. Kompas.com menyatakan foto dengan judul berita itu tidak pernah ditayangkan. Berita itu diedit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berikut isi klarifikasi yang dimuat di situs kompas.com dengan judul “Hoaks, Berita Gibran Bilang “Kata Bapak, Pemimpin Itu Tak Perlu Pintar…” yang dimuat pada 26 April 2020:

Berita Kompas.com berjudul “ Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai” diedit oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Judul dari berita yang tayang pada Jumat (24/4/2020) itu diganti menjadi “Gibran: Kata Bapak, Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya Akan Mencalonkan Diri Menjadi Walikota”.

Berita hasil edit alias hoaks itu beredar di beberapa grup WhatsApp. Kompas.com menyatakan foto dengan judul berita itu tidak pernah ditayangkan.

Berita dengan foto Gibran yang benar berjudul “Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai”

Isi berita adalah imbauan dari putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka kepada pemudik yang berada di perantauan untuk menahan diri agar tidak mudik terlebih dahulu. Hal tersebut seiring dengan adanya imbauan dari pemerintah terkait penyebaran Covid-19.

“Bagi teman-teman yang sedang berada di perantauan mohon menahan diri untuk tidak mudik terlebih dahulu. Karena kita tak tahu, jangan-jangan kita adalah OTG (Orang Tanpa Gejala),” kata Gibran dalam sebuah video di Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/4/2020).

REFERENSI
https://regional.kompas.com/read/2020/04/26/15522201/hoaks-berita-gibran-bilang-kata-bapak-pemimpin-itu-tak-perlu-pintar
https://regional.kompas.com/read/2020/04/24/11462531/gibran-bila-patuh-anjuran-pemerintah-wabah-corona-segera-usai

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo