[SALAH] Video “Hujan es..cianjur katany”

BUKAN di Cianjur. Video itu merupakan rekaman kejadian di Vietnam pada Januari 2020. Fenomena alam itu berlangsung saat warga merayakan Tahun Baru Tet Vietnam.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Feri Ferdian Piliang (fb.com/feri.f.piliang) mengunggah sebuah video dengan narasi :

“Hujan es..cianjur katany”

Sumber : https://perma.cc/T92C-62E7 (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa video yang diunggah oleh sumber klaim adalah video hujan es di Cianjur adalah klaim yang salah.

Video itu merupakan rekaman kejadian di Vietnam pada Januari 2020. Fenomena alam itu berlangsung saat warga merayakan Tahun Baru Tet Vietnam.

Jika diperhatikan dengan cermat, suara dialog warga dalam video itu bukan bahasa Sunda yang banyak digunakan di Cinajur, juga bukan bahasa Indonesia. Janggal kalau kemudian hujan es tersebut diklaim terjadi di Cianjur.

Penelusuran menggunakan Google Reverse Image mengarahkan Jawa Pos pada akun Facebook dengan bahasa Vietnam. Salah satunya akun Nguyen Quốc Linh, yang mengunggah video hujan es batu itu pada 25 Januari 2020.

”Hujan es pada hari libur Tet,” arti keterangan yang dia tulis.

Sementara itu, portal berita berbahasa Vietnam thanhnien.vn juga memberitakan kejadian hujan es tersebut pada 25 Januari 2020. Disebutkan, hujan es terjadi pada hari pertama Tahun Baru Tet di Vietnam. Beberapa kaum muda yang baru saja makan hidangan Tet tampak mengambil butiran es batu yang jatuh.

Tahun Baru Tet merupakan Tahun Baru Vietnam untuk menandai datangnya musim semi berdasar kalender Lunar. Menurut situs Thanh Nien, cuaca yang tidak biasa itu tidak hanya terjadi di Vinh Phuc. Dari malam 30 Tet hingga hari pertama Tahun Baru Imlek, banyak daerah di utara yang mengalami hujan dan hujan es. Misalnya Hanoi, Kota Pho Yen (Provinsi Nguyen Thailand), Phu Tho, Lang Son, Cao Bang, dan Tuyen Quang, Distrik Tho Xuan (Thanh Hoa).

Tran Minh Hang, warga Distrik Binh Xuyen, Vinh Phuc, merekam video hujan es itu pada pukul 10 pagi. Rekaman tersebut memperlihatkan hujan di tengah cuaca panas. Butiran-butiran es batu berjatuhan menimpa atap seng. Saat dia mengambil batu es itu, rata-rata ukuran diameternya mencapai 4 sentimeter.

REFERENSI
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/23/04/2020/hoaks-hujan-es-batu-di-cianjur/
https://www.facebook.com/watch/?v=219695239051847
https://thanhnien.vn/gioi-tre/mua-da-ngay-mung-1-tet-nguoi-tre-vua-an-tet-vua-nhat-da-roi-1175427.html
https://giaoducthoidai.vn/mua-da-mung-1-tet-la-hien-tuong-thoi-tiet-dac-biet-3841605.html

About Adi Syafitrah 783 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo