[SALAH] “Aplikasi Body Temperature Diary bisa mengukur suhu tubuh kita sendiri tanpa harus beli alat test”

TIDAK ADA menu ukur suhu tubuh menggunakan sidik jari di aplikasi ini. Aplikasi Body Temperature Diary ini hanya berfungsi untuk merekam suhu tubuh yang sudah diukur dengan termometer pribadi milik pengguna.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun Twitter Tiger Shark (twitter.com/Penyuka_ombak) mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Wahh…ternyata kita bisa mengukur suhu tubuh kita sendiri tanpa harus beli alat test. Yukk..di coba gaes.”

Di video yang ia unggah, menampilkan seorang wanita yang sedang mencoba aplikasi “Body Temperature Diary”. Wanita itu mengklaim, aplikasi itu bisa mengukur suhu tubuh hanya dengan menyentuh layar handphone dengan jari.

Sumber : http://archive.md/EbvTH (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa aplikasi Body Temperature Diary bisa mengukur suhu tubuh kita sendiri tanpa harus beli alat test adalah klaim yang salah.

Tidak ada menu ukur suhu tubuh menggunakan sidik jari di aplikasi ini. Aplikasi Body Temperature Diary ini hanya berfungsi untuk merekam suhu tubuh yang sudah diukur dengan termometer pribadi milik pengguna.

Faktanya, ketika Tekno Liputan6.com menelusuri aplikasi Body Temperature Diary di Google Play Store dan menginstalnya di smartphone, aplikasi tersebut tidak bisa menjadi sebuah termometer untuk mengukur tubuh, apalagi hanya dengan menempelkan sidik jari di layar.

Sebenarnya, si pembuat aplikasi Body Temperature Diary pun sudah menuliskan di bagian disclaimer yang ada Google Play Store.

“Aplikasi ini dibuat untuk menjadi buku harian yang baik untuk (mencatat) suhu badan dan nadi Anda. (Aplikasi ini) tidak mengukur suhu dan nadi tubuh Anda,” demikian tulisan disclaimer dari si pengembang aplikasi.

Aplikasi Body Temperature Diary sejauh ini hanya mempunyai fungsi merekam suhu tubuh yang telah diukur menggunakan termometer. Jadi, pengguna bisa menulis suhu badan mereka dengan cara manual ke kolom yang sudah disediakan. Setelah itu, aplikasi akan menganalisis statistik suhu tubuh pengguna yang sudah dicatat.

Platform ini memberikan informasi ukuran suhu tubuh yang normal. Contohnya, jika di bawah 35 derajat Celcius, pengguna mengalami hipotermia. Sementara jika suhu tubuh di atas 37,5 derajat, pengguna mengalami demam atau hyperthermia.

REFERENSI
https://www.idntimes.com/tech/trend/alfonsus-adi-putra-alfonsus/cek-fakta-aplikasi-body-temperature-diary-ukur-suhu-tubuh/3
https://www.liputan6.com/tekno/read/4221671/beredar-pesan-menyesatkan-soal-aplikasi-body-temperature-diary-ini-faktanya
https://kumparan.com/berita-hari-ini/cara-kerja-aplikasi-body-temperature-diary-bisa-ukur-suhu-tubuh-1tEVHUoxcqz
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.interactivespecializedsoftware.bodytemperaturediary

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo