[SALAH] Azan Dapat Melemahkan Virus Corona

Hasil Periksa Fakta Auliyaa Muhammad Hesa (Anggota Komisariat MAFINDO UI & FC UI)

Unggahan video tentang suara azan dapat melemahkan virus Corona tidak benar. Video terkait sudah pernah dibantah oleh artikel ilmfeed.com berjudul “This Viral Video About The Effects of Music and the Adhan on the Body is Simply Not True” pada 12 Oktober 2016, mengatakan grafik suara tidak muncul karena tipe suara mono, bukan efek dari azan.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Facebook

Archive:

https://archive.vn/aj4E0

=====

Narasi:

“Percaya Atau Tidak Suara Adzan Dapat Meminimalisir Virus Corona

Penemuan ilmuwan d Eropa..

Virus covid19 akan melemah bila didengarkan suara azan… pembuktian dengan teknologi..

Allahu Akbar..

Boleh percaya Boleh g…”

=====

Penjelasan:

Beredar unggahan video melalui Facebook mengenai suara azan yang dapat melemah jika didengarkan suara azan. Dalam salah satu potongan video memperlihatkan grafik suara tidak muncul jika diputarkan suara azan yang menggambarkan bahwa virus Corona melemah.

Berdasarkan hasil penelusuran, video dalam unggahan tersebut pernah tayang di laman YouTube dengan judul “The Spiritual Healing Effects Of Adhaan (call to prayer)” diunggah oleh “Mehbooba – ” pada 11 Oktober 2016. Video tersebut kemudian dibantah faktanya oleh artikel ilmfeed.com berjudul “This Viral Video About The Effects of Music and the Adhan on the Body is Simply Not True” pada 12 Oktober 2016.

Artikel tersebut mengatakan bahwa perbandingan grafik suara tersebut bukan efek dari suara azan, grafik tersebut tidak muncul karena tipe suara azan yang dimainkan adalah mono.

Dalam penelusuran lain, melansir dari tirto.id, salah satu potongan gambar dalam video tersebut yang dapat ditelusuri adalah potongan gambar sejumlah Muslim di Spanyol yang mengumandangkan azan di balkon. Melalui penelusuran gambar via Source, terdapat dua media massa besar melaporkan potongan video yang sama, yakni Anadolu Agency dan Hurriyet.

Artikel dalam hurriyet.com.tr membahas mengenai masyarakat Spanyol yang berinisiatif mengumandangkan azan sebagai bentuk dukungan mereka kepada semua yang berjuang melawan virus tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, informasi dalam unggahan video Facebook tidak benar. Oleh sebab itu unggahan video Facebook tersebut masuk dalam Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://tirto.id/misinformasi-suara-azan-dapat-melemahkan-virus-corona-eNsG

https://cekfakta.tempo.co/fakta/735/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-video-uji-coba-tentang-virus-corona-yang-takut-suara-azan

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4225690/cek-fakta-video-ini-bukan-bukti-suara-azan-lemahkan-virus-corona-covid-19

https://www.hurriyet.com.tr/avrupa/ispanyadaki-muslumanlardan-destek-icin-ezan-41476498