[SALAH] Jembatan Barito Bapela Patah

Sebuah akun Facebook @Candrakirana membagikan informasi jika jembatan barito bapela atau yang juga disebut dengan Jembatan KH Hasan Basri patah diakibatkan derasnya arus air yang mengalir. Informasi tersebut diketahui tidak sesuai dengan fakta atau hoaks, setelah dilakukan penelusuran melalui berbagai sumber referensi. Foto yang dibagikan adalah foto runtuhnya jembatan kereta api di kota Abakan (Rusia) pada tahun 2011.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

Astrapilullah jembatan barito bapela patah dua derasnya air Barito Hinga menghantam jembatan

===

PENJELASAN: Akun Facebook @CandraKirana membagikan informasi seputar Jembatan Barito atau Jembatan KH Hasan Basri, Kabupaten Barito, Kalimantan Tengah yang patah akibat derasnya arus air yang mengalir. Tak hanya narasi, akun @candrakirana juga menambahkan foto jembatan yang terlihat patah. Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa informasi yang diunggah oleh @candrakirana tidak sesuai dengan fakta alias hoaks.

Melalui mesin pencari gambar milik google, foto tersebut pernah digunakan oleh merdeka.com untuk mengilustrasikan pemberitaan berjudul “Jembatan di Lebak Putus, Ratusan Siswa Naik Rakit Bambu”. Jika melihat dari informasi yang diberikan oleh merdeka.com, tepat dibawah foto tersebut disematkan bahwa foto tersebut diambil dari Reuters.

Sementara jika melansir dari beritasatu.com pada berita yang berjudul “Debit Air Sungai Barito Naik, Kapal Tongkang Dilarang Berlayar”, terlihat foto yang diunggah merupakan foto asli dari penampakan sungai barito beserta dengan Jembatan KH Hasan Basri yang tentunya beda dengan penambakan foto jembatan yang diunggah @candrakirana.

Bantahan lain juga diunggah oleh akun Instagram @humaspoldakalteng yang menyatakan bahwa unggahan @candrakirana adalah tidak benar alias hoaks. @humaspoldakalteng juga menjelaskan bahwa Jembatan KH Hasan Basri masih berdiri kokoh dan tidak patah seperti yang disebut akun @candrakirana.

===

REFERENSI:

https://www.merdeka.com/peristiwa/jembatan-di-lebak-putus-ratusan-siswa-naik-rakit-bambu.html

https://www.beritasatu.com/nasional/606299-debit-air-sungai-barito-naik-kapal-tongkang-dilarang-berlayar

Google Image: “BBC News – Day in pictures: 10 May 2011” https://bit.ly/2RKxd4e

Foto Telegraf: “6) Sebuah jembatan kereta api yang runtuh di dekat kota Abakan di Khakassia. Militer sedang mempersiapkan untuk membangun kembali jembatan, yang digunakan untuk mengangkut bahan baku ke pabrik-pabrik lokal.” https://bit.ly/34NdDK6