[SALAH] Penerapan PSBB, Kota Depok Tutup Jalan

Hasil Periksa Fakta Auliyaa Muhammad Hesa (Anggota Komisariat MAFINDO UI & FC UI)

Pesan berantai mengenai penutupan jalan di Depok dalam rangka penerapan PSBB tidak benar. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memastikan informasi tersebut hoaks. “Itu bukan perintah dari saya, hoaks,” ujar Sambodo.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: WhatsApp

=====

Narasi:

“PSBB di Kota Depok , berlaku mulai hari ini.

dari lenteng Agung di sekat, tdk boleh masuk ke Jln Margonda, diarahkan ke jln Komjen Yasin,

yang dari Citayem di sekat di tanjakan GDC, yg mau ke jln MARGONDA dibuang ke arah GDC kali mulya ,

yang dari Citayem di sekat di tanjakan GDC, yg mau ke jln MARGONDA , buang ke arah GDC kali mulya ,

jln . A Rahman hakim di sekat dari Beji , tdk boleh masuk ke jln Margonda.

jln Margonda juanda , di sekat , tdk boleh mobil luar Depok masuk ke Depok, dibuang ke jln Juanda,

jl.dahlia disekat mirip di GDC:

pelaksanakan mulai hari minggu 12 april 2020, sampai situasi

aman terkendali.”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan berantai melalui WhatsApp mengenai berlakunya PSBB di kota Depok dengan menutup akses jalan yang akan dilaksanakan pada 12 April 2020. Jalan yang disebutkan yaitu Margonda.

Berdasarkan hasil penelusuran, melansir dari kompas.com, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memastikan informasi tersebut tidak benar alias hoaks. “Itu bukan perintah dari saya, hoaks,” ujar Sambodo.

Dalam penelusuran lain, melansir dari idntimes.com, PSBB Depok dan Jawa Barat belum resmi dilakukan. PSBB di lima wilayah di Jawa Barat baru siap diterapkan mulai Rabu (15/4) mendatang. Lima daerah itu yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor (Bodebek).

Penerapan PSBB di Jawa Barat akan berlaku selama 14 hari mulai Rabu 15 April dini hari. Setelah 14 hari, Pemprov Jabar akan mengevaluasi untuk langkah selanjutnya.

“Pertama bahwa Menkes sudah kirimkan surat persetujuan kemarin sore yang menyatakan lima wilayah di Jabar Melakukan PSBB. Kami Koordinasi dan tetapkan bahwa PSBB ini akan dimulai hari Rabu 15 April,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat konferensi pers di Gedung Pakuan Bandung, Minggu (12/4).

Berdasarkan penjelasan tersebut, informasi mengenai PSBB pada 12 April 2020 tidak benar. Oleh sebab itu, informasi tersebut masuk dalam Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/04/12/16021171/hoaks-penutupan-jalan-masuk-dan-keluar-depok-karena-penerapan-psbb

https://www.idntimes.com/news/indonesia/lia-hutasoit-1/cek-fakta-karena-psbb-kendaraan-bermotor-dilarang-masuk-depok

https://metro.tempo.co/read/1330682/polisi-tegaskan-tak-ada-penutupan-jalan-jakarta-depok

https://megapolitan.okezone.com/read/2020/04/12/338/2198023/pesan-berantai-kendaraan-dilarang-masuk-depok-dipastikan-hoaks

https://wartakota.tribunnews.com/2020/04/12/kabar-telah-dilakukan-penyekatan-lalin-di-depok-dipastikan-hoaks-penerapan-psbb-tunggu-pergub-jabar