[SALAH] Perjalanan Seluruh KA Dari Atau Arah Jakarta Mulai 10 – 23 April Dibatalkan

Tidak seluruh perjalanan dibatalkan. PT Kereta Api Indonesia melalui Plt VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan Setidaknya, 44 perjalanan KA dari dan menuju DKI Jakarta akan dibatalkan perjalanannya mulai 10-23 April 2020, kendati demikian, masih ada 14 perjalanan KA yang akan tetap dijalankan.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

[SUMBER]: PESAN BERANTAI WHATSAPP

======

[PENJELASAN]:

Beredar di pesan berantai whatsapp dan media sosial yang mengklaim bahwa seluruh perjalanan kereta api baik yang dari ataupun menuju Jakarta dibatalkan mulai 10 hingga 23 april mendatang.

Berdasarkan penelusuran, Saat dikonfirmasi, Plt VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pembatalan KA tersebut menyesuaikan dengan pembatasan jam operasi transportasi umum di DKI Jakarta pada masa PSBB yaitu dari pukul 06.00-18.00 WIB.

“Pertimbangan pembatalan juga mengacu pada penurunan okupansi dari KA yang sebelumnya dioperasikan,” kata Joni saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

Setidaknya, 44 perjalanan KA dari dan menuju DKI Jakarta akan dibatalkan perjalanannya mulai 10-23 April 2020. Kendati demikian, imbuh Joni, masih ada 14 perjalanan KA yang akan tetap dijalankan.

Joni mengungkapkan jumlah KA yang dibatalkan totalnya sebanyak 44 perjalanan KA terdiri dari 36 KA Jarak Jauh dan 8 KA Lokal, dengan rincian 22 KA keberangkatan dari DKI Jakarta dan 22 KA kedatangan menuju DKI Jakarta.

Adapun 14 KA tersebut memiliki jadwal kedatangan dan keberangkatan di wilayah DKI Jakarta sesuai dengan jam operasi transportasi umum yang telah ditetapkan.

“KA yang berjalan tetap kami jual hanya 50 persen dari kapasitas tempat duduk.

Hal ini bertujuan untuk menjaga physical distancing antar penumpang di atas kereta,” katanya lagi. Lebih lanjut, Joni menegaskan bahwa penumpang yang jadwal keretanya batal berangkat akan dikembalikan bea tiketnya 100 persen.

Sementara itu, melalui laman akun twitter resminya @KAI121, PT KAI menyebut bahwa informasi pembatalan perjalanan KA dari dan menuju Jakarta tidak sepenuhnya benar.

“Hari ini beredar info bhw seluruh perjalanan KA dari & menuju Jakarta dibatalkan. Railmin konfirmasi hal tsb tidak sepenuhnya benar.

Terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, ada bbrp KA (tidak semua KA) dari/tujuan Jakarta yg dibatalkan: 10-23 April 2020.” cuit akun PT KAI.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/09/203100965/psbb-diterapkan-44-perjalanan-ka-dibatalkan-14-masih-beroperasi-simak?page=3

https://news.detik.com/berita/d-4971182/pt-kai-pastikan-kabar-pembatalan-seluruh-jadwal-kereta-saat-psbb-dki-hoax

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4223822/kai-tak-ada-pembatalan-semua-perjalanan-kereta-saat-psbb