[SALAH] Di Muara Karang Terjadi Perampokan Disertai Pembunuhan Terhadap Seorang Pedagang Bakmi

Bukan kejadian perampokan, foto wanita yang meninggal tersebut adalah karena sakit bukan karena dirampok dan dibunuh serta kejadian pada sabtu, 4 april 2020. Sedangkan video penangkapan seorang pria dalam postingan itu adalah penangkapan seorang maling beserta barang bukti satu unit sepeda motor, satu buah layar monitor komputer, dan satu buah timbangan listrik pada jumat, 3 april 2020.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

http://archive.md/JaoEB

======

[NARASI]:

“Di Muara Karang belakang Superindo ada Kejadian Pembunuhan Encim2 yang dibunuh Perampok tapi Skrg Pelakunya Sdh ditangkap.
Encim tukang Bakmi di Pasar Muara Karang”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook bernama Huang Fang’z mengunggah video dan foto yang diklaim merupakan penangkapan seorang pelaku pembunuhan terhadap wanita pedagang bakmi di Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara.

Selain itu, unggahan tersebut juga melampirkan foto jenazah seorang wanita paruh baya yang diklaim adalah korban pembunuhan.

Setelah ditelusuri, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menegaskan informasi yang beredar itu adalah hoaks atau tidak benar.

“Berdasarkan informasi yang beredar di masyarakat bahwa terdapat perampokan yang menyebabkan korban meninggal dunia adalah tidak benar,” kata Yusri dalam keterangannya, Selasa (7/4/2020).

Yusri menjelaskan, foto dan video yang diunggah oleh pemilik akun Facebook itu merupakam dua kejadian yang berbeda.

Foto wanita yang duduk tak berdaya adalah seorang warga berinisial TA yang tinggal di Jalan Muara Karang Elok X blok F5U, Penjaringan, Jakarta Utara.

Dia dilaporkan meninggal dunia pada Sabtu (4/4/2020). “(Wanita dalam foto) meninggal dunia karena sakit. Hasil olah TKP dan identifikasi, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan dan barang hilang,” ungkap Yusri.

Sementara itu, video penangkapan seorang pria bersama narasi tersebut adalah proses penangkapan pelaku pencurian yang terjadi di Jalan Muara Karang blok Z5 No. 14, Penjaringan, Jakarta Utara.

Kasus pencurian yang terjadi pada Jumat (3/4) sore itu tidak ada korban luka maupun tewas.
Tersangka diamankan dengan barang bukti satu unit sepeda motor, satu buah layar monitor komputer, dan satu buah timbangan listrik.

“Itu video proses penangkapan terhadap pelaku pencurian tanpa ada korban luka maupun meninggal dunia,” ujar Yusri.

======

REFERENSI:

https://kumparan.com/kumparannews/polisi-perampokan-sadis-di-muara-karang-jakut-hoaks-1tAtNC2LrD8

https://www.beritasatu.com/megapolitan/617721/info-perampokan-di-muara-karang-hoax

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/04/07/08432921/hoaks-wanita-korban-pembunuhan-dan-perampokan-di-muara-karang

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-kabar-tukang-bakmi-di-muara-karang-tewas-dirampok-hoaks.html