[SALAH] Italia Tidak Bisa Mengontrol Virus dan Mengucapkan Selamat Tinggal kepada Dunia

Hasil Periksa Fakta Auliyaa Muhammad Hesa (Anggota Komisariat MAFINDO UI & FC UI)

Unggahan video melalui Facebook mengenai Italia tidak bisa mengontrol virus (Corona) dan mengucapkan selamat tinggal ke dunia itu tidak benar. Video serupa pernah tayang di YouTube tentang gerakan “sardines”, yaitu protes politik terhadap Matteo Salvini di November 2019 sebelum pandemi COVID-19 terjadi.

=====

Kategori: Misleading Content/Konten Yang Menyesatkan

=====

Sumber: Facebook

Archive:

https://archive.fo/QUEYU

=====

Narasi:

“In itly they couldn’t control the virus so the people of italy is saying goodbye to the world😭outside the Majid of Milan . This is really Heart BreakingStand With ItalyLet’s Pray Help From Allah😢😢😢😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭I AM CRYING we stand with Italy let’s pray help from Allah”

Terjemahan:

“Di itly mereka tidak bisa mengendalikan virus sehingga orang-orang italia mengucapkan selamat tinggal kepada dunia😭di luar Majid Milan. Ini benar-benar Menghancurkan HatiBerdiri dengan ItaliaMari Berdoa Bantuan Dari Allah😢😢😢😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭AKU MENANGIS, kami berdiri dengan Italia, mari berdoa bantuan dari Allah”

=====

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video melalui Facebook mengenai Italia yang tidak bisa mengontrol virus (Corona) dan masyarakat Italia mengucapkan selamat tinggal kepada dunia. Narasi dalam unggahan menyebutkan peristiwa tersebut terjadi di Masjid Milan.

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan video Facebook pernah tayang di laman YouTube yang berjudul “Italy people protest by singing bella ciao in rain” diunggah oleh SABARI NATHAN pada 26 November 2019. Dalam video terdapat kumpulan masyarakat Italia yang sedang menyanyikan lagu “bella ciao.”

Melansir dari thequint.com, peristiwa tersebut merujuk pada laman quotidiano.net berisi video yang berjudul Le “sardine” in piazza a Modena intonano “Bella ciao”(terjemahan: peristiwa “sarden” di alun-alun di Modena menyanyikan “Bella ciao”) yang diunggah pada 19 November 2019.Melansir dari indianexpress.com, ‘Bella Ciao’ adalah lagu yang berasal dari Perang Dunia II, ditulis oleh anti-fasis yang menentang diktator Italia Benito Mussolini. Lagu tersebut digunakan oleh masyarakat Italia pada saat melakukan gerakan “sardines”, gerakan protes politik terhadap Matteo Salvini. Protes didatangi 12.000—15.000 orang di Bologna.

Berdasarkan penjelasan tersebut, video yang beredar di Facebook itu tidak berhubungan dengan pandemi COVID-19, oleh sebab itu unggahan video Facebook masuk dalam Misleading Content atau Konten Yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://www.thequint.com/news/webqoof/viral-video-of-italians-singing-bella-ciao-after-coronavirus-outbreak-fact-check

https://www.youtube.com/watch?v=vSl4hGJ0ioE

https://indianexpress.com/article/explained/italy-protest-matteo-salvini-sardines-bella-ciao-6129038/

https://www.quotidiano.net/cronaca/video/le-sardine-in-piazza-a-modena-intonano-bella-ciao-1.4895132

https://www.theguardian.com/world/2019/nov/19/sardines-against-salvini-italians-pack-squares-in-protest-against-far-right