[SALAH] Enam Penumpang Kapal di Pelabuhan Samudera Terduga Positif Corona

Seorang pemuda berhasil diamankan oleh pihak kepolisian setelah mengunggah status dengan narasi yang tidak sesuai dengan fakta. Dalam status yang diunggahnya, pemuda tersebut menyatakan bahwa terdapat enam orang terduga positif virus corona atau Covid-19 di Pelabuhan Samudera Batulicin. Akibat unggahan miliknya yang tidak sesuai dengan fakta, pemuda yang diamankan pihak kepolisian pun meminta maaf kepada publik.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: TANGKAPAN LAYAR STATUS WHATSAPP

===

NARASI:

“Info sementara pelabuhan samudera, kapal dari sulawesi, 6 orang yang terduga positif corona dan seluruh penumpang diamankan dan langsung disterilisasi. BAHAYA, sebagian penumpang ada yang sudah turun. #BUKANHOAX”

===

PENJELASAN: Warga sekitar Pelabuhan Samudera dibuat heboh dengan unggahan seorang pemuda, yang menyebut bahwa terdapat enam orang penumpang kapal yang turus di pelabuhan dengan status terduga positif virus corona atau Covid-19. Informasi tersebut diunggah melalui status Whatsapp milik seorang pemuda, yang belakangan diketahui merupakan warga Batulicin.

Dalam unggahan miliknya, disebutkan bahwa enam penumpang yang terduga positif corona telah diamankan dan langsung disterilisasi. Agar lebih meyakinkan pembaca, pembuat pesan juga menambahkan tagar bukan hoaks di bagian akhir kalimat yang diunggahnya tersebut.

Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, belakangan diketahui bahwa narasi yang diunggah oleh pemuda tersebut adalah tidak benar alias hoaks. Melansir dari prokal.co, Kasatrekrim Polres Tandu, Iptu M Andi Iqbal menjelaskan bahwa pemuda tersebut meminta maaf atas unggahan status miliknya yang meresahkan warga.

“Dia datang sendiri ke Polres Tandu untuk memenuhi panggilan kami. Ia mengaku salah dan menyampaikan permohonan maaf,” jelas Iptu Andi.

Dalam permohonan maafnya, pemuda tersebut meminta maaf dan mengaku menyesal atas perbuatan yang ia lakukan.

“Apa yang saya tulis itu tidak benar, karena itu saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena telah menyebarkan berita yang tidak benar,” pungkasnya.

===

REFERENSI:

https://kalsel.prokal.co/read/news/31815-penyebar-hoax-corona-minta-maaf.html