[SALAH] Foto “Mayat Mamak palsu jokowi kagak diterima bumi”

BUKAN foto makam Almarhumah Ibunda Jokowi. Foto peristiwa tahun 2017, mayat muncul karena struktur tanah yang lembek.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Tangkapan layar post oleh pelaku, dibagikan oleh akun “Rizqina Rahayu” (facebook.com/profile.php?id=100009860852228).

http://archive.md/So4Sk (arsip cadangan).

======

NARASI

“Mayat Mamak palsu jokowi kagak diterima bumi🤣, pas dibenamin dalam kubur nongol lagi kepermukaan tanah🤣.
Ini mayat kok macam ikan sapu sapu ya🤣
Semoga jokowi secepatnya menyusul beliau ke nerakabjahanam.”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* Post yang dibagikan oleh SUMBER membagikan foto peristiwa tahun 2017 mengenai mayat yang timbul dari tanah kuburan, terjadi karena struktur tanah yang lembek.

* Post yang dibagikan oleh SUMBER menambahkan narasi yang TIDAK berkaitan dengan fakta foto yang menyebabkan kesimpulan salah.


(2) Salah satu foto yang berkaitan, Dream.co.id: “Dream – Warga sekitar pemakaman Islam Gang Kenari di Pontianak, Kalimantan Barat dikejutkan dengan ditemukannya jenazah yang muncul ke permukaan tanah pada Senin kemarin.

Berbagai spekulasi muncul di seputar desa tempat pemakaman itu berada. Terutama di media sosial Facebook sejak kejadian menjadi viral di dunia maya.

Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan insiden tersebut untuk mencari popularitas dengan mengaitkannya dengan agama.”

Selengkapnya di “Cerita Sebenarnya Mayat Masih Berkafan Keluar dari Makam” https://bit.ly/3bvT2fi / http://archive.md/MDu4u (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) Beberapa artikel yang berkaitan,

* detikNews: “Sebuah video membuat geger dan viral di media sosial. Di dalam video terlihat mayat yang muncul di atas permukaan tanah.

Peristiwa itu terjadi di pemakaman Kelurahan Sei Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, Kalimantan Barat. Dari video yang beredar di media sosial, terlihat warga mengerumuni lokasi.

Tampak sosok mayat berkain kafan yang muncul di atas permukaan tanah. Sebagian besar warga yang merekam kejadian itu.”

Selengkapnya di “Viral Video Mayat Timbul dari Tanah Kuburan, Ini Faktanya” https://bit.ly/2Upqiiv / http://archive.md/M4HWt (arsip cadangan).

* detikNews: “Tanah lembek dan tergenang air di Pontianak menjadi penyebab timbulnya mayat yang sudah dikubur. Supaya jenazah tak timbul lagi, polisi menyarankan penguburan menggunakan peti mati.

“Menggunakan peti sebagai penopang dan penyangga tanah,” kata Kepala Urusan Liputan Produksi Dokumentasi (Lipprodok) Humas Polda Kalbar AKP Cucu Safiyudin kepada detikcom, Kamis (16/11/2017).”

Selengkapnya di “Belajar dari Kejadian Mayat Muncul ke Permukaan Makam di Kalbar” https://bit.ly/2QTXKeV / http://archive.md/l5Zr4 (arsip cadangan).


(2) Permintaan post dari salah satu anggota FAFHH (facebook.com/groups/fafhh).