[SALAH] “Seorang bayi perempuan lahir di rs Uruguay dengan tangan tertutup seperti orang berdoa menempel”

Foto pada sumber hasil suntingan. Foto aslinya merupakan dokumentasi kelahiran bayi yang tercatat menjadi manusia ke 7 miliar bernama Danica May Camacho. Ia lahir pada 31 Oktober 2011.

=====

Kategori: Manipulated Content/Konten yang Dimanipulasi

=====

Sumber: Facebook

Archive:

https://archive.fo/ypqBB#selection-697.0-697.95

=====

Narasi:

“Seorang bayi perempuan lahir di rs Uruguay dengan tangan tertutup seperti orang berdoa menempel. Dr dan orangtuanya sepakat untuk mengoperasi tangan bayi itu agar normal, operasi sukses. Betapa kagetnya ketika dilihat di telapak tangan tertulis kalimat “GOD IS COMING BACK” (TUHAN akan segera datang kembali). Tuhan mengirim pesan singkat lewat bayi itu dan misi bayi itupun selesai, 3 jam kemudian sang bayi pun meninggal. Seluruh dokter dan orang yang ada disitu berduka & saat itu terjadi pertobatan besar besaran di Uruguay …Lord of the Lord is coming back. Tolong kirim pada semua orang orang yang kamu kenal, ini penting! ( Cerita 2 ) Pernah ada seorang gadis muda yg memutuskan untuk mengambil jalan pintas pulang dari sekolah. Cara tercepat ke rumahnya adalah dengan memotong melalui sebuah lorong. Saat Gadis itu mendekati lorong, dia melihat seorang pria seolah-olah ia sedang menunggu seseorang. Gadis tsb panjatkan doa : “Ya Tuhan, tolong tuntunlah aku melalui lorong yg aman & tanpa terluka.. *Aamiin*..”. Gadis itu berjalan melewati lorong & melewati orang itu. […] (dilanjutkan di bagian CATATAN).

=====

Penjelasan:

Beredar postingan yang menyatakan bahwa telah lahir bayi perempuan di Uruguay dengan kalimat “GOD IS COMING BACK” di telapak tangannya. Dalam postingan itu disertakan sejumlah foto dari bayi tersebut.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa foto yang dibagikan sumber merupakan Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Foto hasil suntingan tersebut sudah pernah muncul di tahun 2015 dengan klaim serupa. Perbedaannya hanya di tempat saja. Pada tahun 2015, klaimnya dikatakan bayi lahir Filipina.

Setelah ditelusuri, foto aslinya berasal dari dokumentasi bayi bernama Danica May Camacho yang tercatat sebagai manusia ke 7 miliar pada tanggal 31 Oktober 2011. Bayi yang lahir di Filipina tersebut termasuk ke dalam catatan manusia ke 7 miliar sebab berdasarkan ketetapan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), bayi yang lahir pada tanggal 31 Oktober 2011 akan menjadi manusia nomor 7 miliar berdasarkan populasi dunia saat itu.

Danica merupakan anak kedua yang lahir dari pasangan Florante Camacho dan Camille Dalura. Pada kelahirannya, kedua orang tuanya diberikan hadiah oleh pejabat PBB di Filipina sebuah kue kecil lantaran Danica merupakan manusia ke 7 miliar.

Pada foto dokumentasi mengenai Danica, tidak ditemukan tanda-tanda yang ada pada foto sumber. Baik di kepala maupun di kedua tangannya tidak ada tanda apapun.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disebutkan konten beredar di Facebook tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1146387515693782/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4212695/cek-fakta-hoaks-bayi-di-uruguay-lahir-dengan-telapak-tangan-bertuliskan-god-is-coming

https://www.elitereaders.com/baby-boy-with-stigmata-of-jesus-christ-hoax/

http://photoblog.nbcnews.com/_news/2011/10/31/8558858-introducing-danica-may-camacho-the-worlds-first-7-billionth-baby

https://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/11/10/31/ltwv3y-danica-may-camacho-si-bayi-nomor-tujuh-miliar-di-dunia

https://www.voaindonesia.com/a/dunia-sambut-bayi-ke-7-miliar–132937813/100156.html

=====

Catatan:

(Lanjutan NARASI) […] Kemudian pd malam itu gadis tsb melihat berita. Dia kaget saat mendengar di lorong yg td siang dilewati terjadi pembunuhan & pemerkosaan terhadap seorang gadis muda yg lain. Polisi mengatakan pria tsb mengatakan melihat gadis lain telah melewati gang 10 menit sebelumnya. Mereka bertanya mengapa dia tidak menyerang gadis pertama, Dia mengatakan ada ‘seseorang’ berjalan di sampingnya…Ya, Kehendak-Nya berjalan bersama gadis itu, melindungi & menuntunnya. Terima Kasih Ya Tuhan. Tadinya kami menyangkal Kehendak-Nya. tapi Tuhan selalu di sini, di samping anda saat anda berdoa minta perlindungan pd-Nya.. Ingat, 95% dari orang yg membaca ini akan menutup. Hanya 5% yang akan mengirimkan pesan ini dan tidak malu untuk mengakui bahwa Tuhan selalu ada. Saya minta kepada teman teman semua harus men- share- kan artikel ini ke semua teman yang belum membaca. God Bless You. ( Wahyu Pasal 1 – > 22 Ayat 1 – > Selesai ) Baca Kitab Wahyu Di Alkitab Mulai Dari Pasal 1 Sampai Pasal 22 Mulai Dari Ayat 1 Sampai Habis GBU.”