[SALAH] Foto “Presiden Joko Widodo di depan jenazah”

Foto tahun 2019 dan TIDAK terkait dengan wafatnya Ibu Sudjiatmi Notomihardjo, Ibunda Presiden Joko Widodo, pada hari Rabu, 25 Maret 2020. Foto itu diambil saat Jokowi melayat ke rumah duka Ketua Umum Seknas Jokowi, M Yamin pada 23 Maret 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Danang Suseno (fb.com/danang.suseno) mengunggah sebuah foto dengan narasi :

“Nderek belo sungkowo pak jokowi
suwargo langgeng kagem keng ibu mugi khusnul khotimah aminnnnn”
yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia: “Ikut berbela sungkawa Pak Jokowi, semoga surga yang kekal untuk ibu. Semoga khusnul khotimah”

Sumber : https://perma.cc/9A5J-3D98 (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, foto yang diunggah oleh sumber klaim tidak ada kaitannya dengan wafatnya Ibu Sudjiatmi Notomihardjo, Ibunda Presiden Joko Widodo, pada hari Rabu, 25 Maret 2020.

Foto itu diambil saat Jokowi melayat ke rumah duka Ketua Umum Seknas Jokowi, M Yamin pada 23 Maret 2019.

Jokowi yang saat itu masih menjadi calon presiden menyempatkan diri takziah sebelum menghadiri deklarasi dukungan dari alumni perguruan tinggi dan SMA Jogja yang digelar di Stadion Kridosono pada Sabtu (23/3/2019) pagi.

M Yamin, yang juga menjabat sebagai Ketua TKN Relawan Seknas Jokowi, meninggal dunia di RS Majalengka. Jenazah dari suami mantan wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu ini dibawa ke rumah duka di Pugeran, Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta.

“Ya, saya dapat kabar Mas Yamin baru perjalanan darat dengan rombongan menuju Yogyakarta untuk mengikuti acara Alumni Jogja Satukan Indonesia namun dalam perjalanan mengalami serangan jantung. Sudah dibawa ke rumah sakit namun Tuhan berkehendak berbeda,” kata Suprianto Antok kawan dekat Almarhum M Yamin melalui pesan WhatsApp kepada IDN Times, Sabtu (23/3/2019) sore.

Sementara itu, Presiden Jokowi memberikan keterangan pers mengenai meninggalnya sang ibunda, Sudjiatmi Notomihardjo. Di kediaman Ibu Noto di Banjarsari, Solo, Jokowi menjelaskan sang ibu meninggal karena sakit kanker.

“Ibunda Sudjiatmi Notomihardjo meninggal dunia.Ibu sudah 4 tahun menderita sakit yaitu kanker. Sudah berobat, berusaha, berikhtiar ke RSPAD Gatot Subroto tapi Allah sudah menghendaki,” kata Presiden Jokowi di lokasi, Rabu (25/3/2019) malam.

Selain itu, juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan Jokowi telah meminta para anggota Kabinet Indonesia Maju lainnya tetap di Jakarta dan fokus bekerja. Sebab, pemakaman ibunda Jokowi akan digelar secara internal. Karena itu, hanya Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung yang mendampingi di Solo.

“Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa pemakaman almarhumah Ibunda akan dilaksanakan secara internal dan para anggota Kabinet Indonesia Maju berserta jajaran tetap bekerja di Jakarta dan fokus pada tugas masing-masing. Mohon doa ikhlas kepada almarhumah,” tuturnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan pesan kepada masyarakat agar tidak hadir ke pemakaman Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo.

REFERENSI
https://www.idntimes.com/news/indonesia/daruwaskita/kabar-duka-di-balik-kemeriahan-deklarasi-jokowi-di-yogyakarta/full
https://www.tribunnews.com/nasional/2019/03/23/jokowi-dan-iriana-melayat-ke-rumah-duka-m-yamin
https://kumparan.com/kumparannews/jokowi-bicara-penyebab-meninggalnya-ibunda-sudah-4-tahun-sakit-kanker-1t5xIUYaaON
https://news.detik.com/berita/d-4953051/kabinet-diminta-di-jakarta-jokowi-didampingi-mensesneg-seskab-di-solo
https://kumparan.com/kumparannews/ganjar-imbau-warga-jateng-tak-ke-pemakaman-ibunda-jokowi-doa-dari-rumah-saja-1t5xt8TQN4B

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo