[SALAH] “Pasar Wameo dan Karya Nugraha di Tutup selama 1 minggu”

Pesan berantai melalui Whatsapp mengenai penutupan pasar Wameo dan Karya Nugraha untuk menghindari kerumunan dan pembersihan di Kota Baubau merupakan informasi yang salah. Sekretaris Daerah Kota Baubau Roni Muhtar menegaskan bahwa informasi yang tersebar itu merupakan hoaks. “Itu adalah berita hoaks,” tegas Roni.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

“Assalamu Alaikum …

  Info dari pedagang pasar Wameo

dan Karya Nugraha dari Hasil Rapat

tadi Siang di pasar Wameo bersama

Wali kota Bau Bau ,  Mulai Pekan

depan atau senin depan pasar

Wameo dan Nugraha di Tutup selama

1 minggu  ,

Untuk menghindari kerumunan

Orang ,  dan pasar mau di bersihkan ..”

=====

Penjelasan:

Beredar informasi yang menyebutkan pasar Wameo dan Karya Nugraha ditutup untuk menghindari kerumunan dan pasar hendak dibersihkan. Dalam pesan tersebut diklaim bahwa hal itu merupakan hasil rapat bersama dengan Wali Kota Baubau.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut salah. Sekretaris Daerah Kota Baubau Roni Muhtar menegaskan bahwa informasi yang mengatakan pasar Wameo dan Karya Nugraha ditutup merupakan hoaks. “Itu adalah berita hoaks,” tegas Roni.

Senada dengan Roni, Lurah Wameo, La Ode Mustifi juga membantah kabar tersebut. Melalui rilis persnya, La Ode menegaskan informasi yang beredar tidak benar. Berikut poin-poin klarifikasi La Ode:

[…] Pengumuman

Sehubungan dengan maraknya berita yang beredar di kalangan masyarakat bahwa Pasar Wameo akan ditutup mulai hari Senin, 23 Maret 2020 dan telah menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat, dengan ini atas nama Pemerintah Kota Baubau disampaikan sbb:

1. berita tersebut sepenuhnya tidak benar dan dihembuskan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Pada hari Jumat tadi telah dilakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus COVID-19 kepada para pedagang di Pasar Wameo sebagai upaya preventif pencegahan penyebaran penyakit tersebut.

3. Menghimbau pedagang dan masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan panic buying/pembelian yang berlebihan dengan tujuan menimbun barang kebutuhan pokok.

4. Menghimbau kepada pelaku pasar dan masyarakat untuk berperan aktif mencegah penyebaran COVID-19 ini dengan melakukan tindakan preventif seperti selalu mencuci tangan dengan sabun setelah berinteraksi di pasar.

Demikian, semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan dan dapat bersatu melawan ancaman musibah ini.

Tertanda. lurah wameo

La Ode Mastifi, S.Pi. […]

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pesan berantai mengenai ditutupnya pasar Wameo dan Karya Nugraha merupakan informasi yang tidak benar. Oleh sebab itu, konten informasi tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1141067386225795/

https://zonasultra.com/hoaks-penutupan-pasar-di-baubau-akibat-corona.html

http://butonrayanews.co.id/index.php/daerah/buton-raya/bau-bau/item/2523-lurah-wameo-pasar-wameo-tutup-pekan-depan-hoax