[SALAH] Pasar Kodya Cirebon Ditutup Mulai 20 Maret 2020

Hasil Periksa Fakta Indri Pramesti Widyaningrum (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Gunadarma)

Informasi yang menyatakan bahwa pasar di wilayah Cirebon ditutup pada 20 Maret 2020 adalah tidak benar. Informasi tersebut dibantah oleh Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis. Ia menegaskan informasi tersebut hoaks.

======

Kategori : Misleading Content/Konten Yang Menyesatkan

======

Sumber : WhatsApp

======

Narasi :

“Mulai besok, jum’at 20 maret 2020 semua pasar wilayah kodya tutup serentak slama minimal 3 hari kedepan krn ada penyemprotan.

Sumber : PD Pasar Cirebon”

======

Penjelasan :

Beredar sebuah pesan melalui WhatsApp yang menyebutkan jika pasar kodya di Cirebon akan ditutup pada tanggal 20 Maret 2020, namun setelah ditelusuri hal tersebut adalah kabar yang tidak benar.

Melalui hasil dari penelusuran, informasi tersebut tidak benar dan sudah dibantah oleh Wali Kota Cirebon sendiri, mengutip dari timesindonesia.com Nasrudin Azis selaku Wali Kota Cirebon menyebutkan jika pihaknya tidak pernah mengeluarkan instruksi untuk penutupan pasar, selain itu Nasrudin juga menjelaskan jika pasar adalah urat nadi dari perekonomian.

“Info itu hoaks dan berita bohong. Saat ini pasar masih berjalan normal,” tegasnya.

Selain Nasrudin, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMK Kota Cirebon, Maharani Dewi memastikan informasi yang merebak ke tengah publik itu tidak benar. 

“Terkait isu yang beredar bahwa ada beberapa pasar yang akan tutup, itu adalah berita yang tidak benar,” dikutip melalui Ayocirebon.com.

Selain itu Dewi juga menegaskan jika pihaknya akan memberitahu terlebih dahulu mengenai operasional pasar dan penyemprotan disinfektan.

“Kalau ada penyemprotan ke pasar-pasar, Dinkes akan memberitahu. Mohon maklum adanya berita yang kurang bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya, mengutip dari Ayocirebon.com.

Mengutip dari jabar.idntimes.com Wali Kota Cirebon juga mewanti-wanti kepada seluruh pengurus pasar maupun pengelola mal untuk selalu melindungi diri dan mentaati peraturan tentang pencegahan penyebaran COVID-19.

“Kami mewanti-wanti agar pengurus pasar maupun pengelola mal bisa melindungi diri bisa mencegah penyebaran virus COVID-19 ini, yaitu dengan menaati aturan-aturan pencegahan penyebaran COVID-19 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” tegas Azis.

Selain itu Direktur Utama PD Pasar Berintan Akhyadi menjelaskan bahwa situasi dan kondisi di pasar tradisional berjalan normal dan terkendali. Kendati demikian, instansinya berencana terus melakukan upaya antisipatif untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di pasar-pasar tradisional. Di antaranya meminta agar antara pedagang dan penjual tidak terjadi kontak fisik, seperti berjabat tangan.

“Sebisa mungkin pedagang dan masyarakat ini jangan sampai ada kontak langsung. Kami pun mengimbau untuk menyediakan hand sanitizer agar tidak berdampak penularan,” ujarnya. Dikutip dari jabar.idntimes.com.

Berdasarkan penjelasan tersebut, informasi yang berisikan tentang penutupan pasar kodya di Cirebon adalah tidak benar dan informasi tersebut masuk ke dalam Konten Yang Menyesatkan atau Misleading Content.

======

Referensi

https://www.ayocirebon.com/read/2020/03/19/4892/hoaks-informasi-penutupan-pasar-tiga-hari-di-kota-cirebon

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/257810/pesan-berantai-tentang-penutupan-pasar-akibat-corona-walikota-cirebon-itu-hoaks

https://jabar.idntimes.com/news/jabar/wildan-ibnu/pasar-tradisional-diisukan-tutup-wali-kota-cirebon-itu-keliru/full https://kompas.id/baca/nusantara/2020/03/19/hoaks-informasi-pasar-di-kota-cirebon-tutup-akibat-covid-19/