[SALAH] “Satu lagi Mentri Kabinet Jokowi Positif terpapar COVID-19, Menteri Nadien Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri”

Bukan Menteri di Kabinet Indonesia Maju. Kesalahan penulisan nama Nadine Dorries, Menteri Kesehatan Inggris yang positif terjangkit virus corona COVID-19 menjadi Nadien, menimbulkan salah presepsi sehingga ada yang mengira itu adalah Mendikbud Nadiem Makarim.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun Umi Cinta (fb.com/100042027376921) mengunggah sebuah gambar dengan narasi:

“Satu lagi Mentri Kabinet Jokowi Positif terpapar COVID-19
https://www.google.co.id/amp/s/jateng.tribunnews.com/amp/2020/03/11/menteri-nadien-dinyatakan-positif-virus-corona-jalani-isolasi-secara-mandiri?fbclid=IwAR0YyEtAS6FHO2lnCYfRDMtliF32iVeYNjy9_J0lH8ZESLLsX0oY0Kl4J2I

Di gambar yang ia unggah, terdapat narasi : “Menteri Nadien Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri”

Sumber : https://perma.cc/X2J6-A8HV (Arsip) – Sudah dibagikan 23 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, judul artikel “Menteri Nadien Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri” itu adalah judul artikel yang salah.

Situs Tribun Jateng sendiri sudah memperbaiki judul artikelnya menjadi “Menteri Nadine Dinyatakan Positif Virus Corona, Jalani Isolasi Secara Mandiri” namun pada tautan artikelnya masih tertulis “nadien” seperti yang tercantum dalam arsip ini (https://perma.cc/UZ7G-TESB).

“Menteri Nadien” yang dimaksud adalah Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19 dan sedang mengkarantina diri pada Selasa (10/03/2020).

Dorries mulai merasa sakit pada hari Jumat ketika ia menandatangani instrumen hukum yang menyatakan COVID-19 sebagai “penyakit yang dapat dinotifikasi,” sebuah langkah yang memungkinkan perusahaan-perusahaan Inggris memperoleh perlindungan asuransi.

Kesalahan penulisan nama Nadine menjadi Nadien ini ternyata menimbulkan salah presepsi sehingga ada yang mengira itu adalah Mendikbud Nadiem Makarim.

Berdasarkan hasil penelusuran di media arus utama, saat ini hanya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi virus corona di jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Budi merupakan kasus ke-76 dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD).

Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Albertus Budi Sulistya kondisi Budi membaik. “Tadi sore tim yang merawat mengatakan ada perbaikan,” kata Albertus.

Belum diketahui kapan Budi terinfeksi virus corona. Namun Albertus menyebut Budi punya banyak kegiatan dan kerap mengunjungi sejumlah tempat terkait pekerjaannya sebagai menteri.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengingatkan kepada masyarakat untuk mengikuti saran pemerintah dengan tetap berada di rumah dalam beberapa minggu ke depan. Nadiem menyampaikannya melalui video singkat yang ia minta agar diunggah oleh Deddy Corbuzier di Instagramnya pada Senin, 16 Maret 2020.

“Saya masih melihat banyak sekali masyarakat yang mempu bekerja dari rumah masih saja beraktivitas di luar rumah,” kata Nadiem dalam video yang direkam di kediamannya.

“Satu, virus corona bukan virus yang bisa diremehkan. Ini virus berbahaya dengan tingkat penularan sangat cepat. Kedua, walaupun kita tidak punya gejala-gejala tapi kita masih saja bisa menjadi carrier dan menularkannya kepada orang-orang dengan kondisi kesehatan yang kurang memadai, seperti orang-orang lanjut usia atau punya diabetes, hipertensi, dan berbagai macam kondisi kesehatan lainnya,” kata Nadiem.

Sehingga, Nadiem mengingatkan kepada masyarakat bahwa setiap orang yang berada di luar rumah memungkinkan untuk mengancam nyawa orang lain tanpa disadari. Nadiem berharap masyarakat bisa bekerja sama dengan mematuhi arahan pemerintah untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah demi keselamatan bersama.

“Jadi ingat setiap kali kita keluar rumah, kita bisa mengancam nyawa orang lain. Marilah kita menunjukkan bahwa Indonesia ini negara dengan asas gotong royong. Marilah kita menyelamatkan nyawa masyarakat Indonesia dengan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah,” kata Nadiem.

REFERENSI
https://dunia.tempo.co/read/1318096/menteri-kesehatan-inggris-nadine-dorries-positif-virus-corona/full&view=ok
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200314212415-20-483495/kronologi-menhub-budi-karya-dinyatakan-positif-corona
https://seleb.tempo.co/read/1320352/nadiem-makarim-keluar-rumah-bisa-mengancam-nyawa-orang-lain/full&view=ok
https://www.instagram.com/p/B9y7wnyH94n/

About Adi Syafitrah 666 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo