[SALAH] “the Simpsons 1993 memprediksi Corona virus dari China”

Gambar hasil suntingan / editan. Potongan adegan kartun tersebut diambil dari dua episode The Simpsons yang berbeda. Kata ‘Corona Virus’ ditambahkan pada layar yang aslinya menampilkan tulisan, ‘Apocalypse Meow’.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Akun Pandu Ishaq Nandana (fb.com/pandu.nandana) mengunggah sebuah gambar disertai narasi sebagai berikut:

“Jangan pernah meremehkan the simpsons… the Simpsons 1993.. Corona virus dari China..”

Sumber : https://perma.cc/J7X8-JXVQ (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Periksa Fakta AFP, Tim Cek Fakta Liputan6 dan Snopes, klaim bahwa serial kartun The Simpsons tahun 1993 memprediksi adanya wabah virus Corona adalah klaim yang salah.

Gambar yang diunggah oleh sumber klaim adalah hasil suntingan / editan. Potongan adegan kartun tersebut diambil dari dua episode The Simpsons yang berbeda. Kata ‘Corona Virus’ ditambahkan pada layar yang aslinya menampilkan tulisan, ‘Apocalypse Meow’.

Tiga dari empat gambar di unggahan menyesatkan diambil dari Musim Ke-4, Episode Ke-21 dari serial kartun itu, seperti yang diklaim.

Episode itu berjudul “Marge in Chains”, yang menampilkan virus yang menyebar dari Jepang ke Springfield dari sebuah paket. Akan tetapi, penyakit tersebut dideskripsikan sebagai flu Osaka – bukan virus corona – dalam laporan yang dibacakan oleh pembawa berita di kartun itu, Kent Brockman.

Sementara itu, gambar di kanan bawah berasal dari episode yang berbeda. AFP melakukan pencarian kata kunci “apocalypse meow” – tulisan berwarna merah yang terlihat di belakang kata “corona virus” yang berwarna kuning – dan menemukan tangkapan layar diambil dari salah satu episode di tahun 2010.

Episode itu berjudul “The Fool Monty” menceritakan tentang plot oleh media untuk merilis penyakit buatan manusia yang dikenal sebagai “house cat flu” atau “flu kucing rumahan”.

Saat pembacaan berita, Kent Brockman digambarkan duduk membacakan berita dengan latar di sebelah kirinya bertuliskan “Apocalypse Meow” dengan gambar seekor kucing. Tulisan tersebut kemudian ditimpa dengan kata “Corona Virus” yang hasil suntingannya kemudian beredar di berbagai unggahan di media sosial.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya telah membantah klaim menyesatkan yang menyatakan orang-orang bisa terinfeksi virus corona tipe baru dari parsel yang datang dari Tiongkok.

“Sangat tidak mungkin Anda bisa terinfeksi COVID-19 hanya dengan menyentuh bagian luar paket yang dikirim dari Tiongkok atau negara lain. Virus umumnya tidak dapat bertahan lebih dari beberapa jam pada bahan berpori seperti kertas atau karton.” kata juru bicara WHO Tarik Jasarevic kepada AFP melalui email.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/sebuah-gambar-dari-serial-kartun-simpsons-telah-disunting-agar-terlihat-seperti-meramalkan-virus
https://www.snopes.com/fact-check/simpsons-predict-coronavirus/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4170824/cek-fakta-serial-kartun-the-simpsons-ramalkan-wabah-virus-corona-pada-1993
https://www.imdb.com/title/tt1628665/?ref_=ttep_ep21
https://www.youtube.com/watch?v=KTVjMWd60xo&feature=youtu.be&t=190
https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/myth-busters

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo