[SALAH] “Info Terkini : kudus sudah ada 2 org pasien Virus corona”

Direktur RSUD Loekmonohadi Kudus dr Abdul Aziz Achyar menyatakan berdasar hasil uji laboratoris Balitbangkes Kemenkes RI menyatakan bahwa pasien itu negatif Corona sehingga diperbolehkan pulang.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Beredar informasi melalui aplikasi percakapan Whatsapp yang berisi klaim sebagai berikut:

“Info Terkini : kudus sudah ada 2 org pasien Virus corona… Skrg di rawat di Ruang Isolasi RSUD kudus… Mohon tmn2 jauhi tempat keramaian sperti Cafe… & Mall. TKI dari korsel Suami -Istri . Orng Besito -Gebog.NB. Sumber Berita dari slh satu pegawai RS.”

=============================================

PENJELASAN

Hasil pemeriksaan warga Kudus berinisial A, yang dirawat di ruang isolasi RSUD Dr Loekmonohadi Kudus dinyatakan negatif virus corona.

Direktur RSUD Loekmonohadi Kudus (tengah) dr Abdul Aziz Achyar memberi keterangan hasil uji laboratoris pasien yang sebelumnya dinyatakan Suspect COVID-19 di RSUD Loekmonohadi, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2020).

Dokter Aziz menyatakan berdasar hasil uji laboratoris Balitbangkes Kemenkes RI menyatakan bahwa pasien yang sebelumnya diduga suspect COVID-19 sepulang dari Korea Selatan pada 28 Februari 2020 dan sempat dirawat di ruang isolasi selama sepekan itu negatif Corona sehingga diperbolehkan pulang.

Plt Bupati Kabupaten Kudus, HM Hartopo menjelaskan, ‎telah mendapatkan hasil pemeriksaan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta pada hari Rabu (11/3/2020) kemarin.

“Dari sampel lendir yang dikirimkan ke Litbangkes Jakarta, hasilnya pasien negatif dari virus corona,” jelas dia, saat Jumpa Pers, Kamis (12/3/2020).

Dia menjelaskan, pasien pada Kamis ini, sudah bisa keluar dari ruang isolasi dan kembali pulang ke rumahnya.
Pihaknya juga tidak akan mengenakan tarif kepada pasien karena semua biaya akan ditanggung negara.

“Pasien sekarang sudah bisa pulang, tidak perlu khawatir. Kemungkinan peradangan paru yang terjadi tersebut karena bronchitis, bukan virus corona,” ujar dia.

Pihaknya tetap melakukan antisipasi agar warga masyarakat yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri dan mengalami sakit batuk serta demam dapat memeriksakan kesehatannya.

REFERENSI
https://www.antarafoto.com/peristiwa/v1583996101/pasien-isolasi-rsud-kudus-negatif-covid-19
https://jateng.tribunnews.com/2020/03/12/sempat-masuk-ruang-isolasisatu-warga-kudus-dinyatakannegatif-virus-corona-hari-ini-boleh-pulang
https://www.facebook.com/InfoSeputarKudus/videos/203013370968452/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo