[SALAH] “Bentuk virus corona setelah diperbesar 2600x”

Bukan bentuk virus corona. Foto di video itu sebenarnya menunjukkan tampilan kumbang kecil yang berasal dari keluarga besar Curculionoidea.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Ashari Helmy (fb.com/ashari.helmy) membagikan sebuah video Youtube yang berisi video berdurasi 2 menit 1 detik dan berjudul dalam bahasa Arab, yang terjemahan bahasa Indonesianya adalah: “Lihat wabah virus corona setelah diperbesar 2.600 kali dan bagaimana cara membasminya.”

Sumber : https://perma.cc/PCQ3-MCEQ (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Periksa Fakta AFP, faktanya foto di video itu ukan bentuk virus corona. Foto di video itu sebenarnya menunjukkan tampilan kumbang kecil yang berasal dari keluarga besar Curculionoidea.

Pencarian gambar terbalik di Google menggunakan gambar makhluk di foto itu menemukan bahwa foto itu pertama kali diunggah pada tanggal 26 Februari 2020 oleh akun Twitter website berbahasa Arab, eheliosworld.com.

Cuitan berbahasa Inggris pada foto itu jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya: “Kumbang kecil berasal dari keluarga besar Curculionoidea. Kumbang jenis ini sangat kecil, berukuran lebih kecil dari 6 milimeter (4 inci) dan bersifat herbivora, gemar memakan tepung, gandum, barley dan sereal sarapan.”

Kumbang bukan termasuk jenis virus. Menurut artikel Encyclopaedia Britannica, kumbang kecil adalah sejenis serangga dari keluarga Curculionidae.

Video dari situs foto Shutterstock, menampilkan seekor kumbang yang mirip seperti di unggahan yang menyesatkan. Keterangan kedua video Shutterstock tersebut, diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, artinya: “Kumbang tropis dari Amazon Ekuador, tampilan dekat.”

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/ini-adalah-foto-tampilan-dekat-satu-jenis-kumbang
https://twitter.com/helios_en/status/1232370288995766273
https://www.britannica.com/animal/weevil
https://www.shutterstock.com/video/clip-6673718-tropical-weevil-ecuadorian-amazon-close-up

About Adi Syafitrah 1334 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo