[SALAH] “kematian raja Salman dan putra mahkota pangeran Mohamed bin Salman di tangkap atas tuduhan kudeta”

Raja Salman masih dalam keadaan sehat dan tetap beraktivitas seperti biasa. Anggota Kerajaan Arab Saudi yang ditangkap atas tuduhan kudeta adalah saudara Raja Salman, Pangeran Ahmed bin Abdulaziz al Saud, dan keponakan Raja Salman, Pangeran Mohammed bin Nayef bukan putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Beredar informasi yang berisi narasi yang menyebut Raja Salman, Raja Arab Saudi, meninggal dan putra mahkotanya, Mohammed bin Salman, ditangkap karena tuduhan kudeta.

Salah satu akun yang menyebarkan narasi ini adalah akun Bagas Dwi (fb.com/100009044445391) yang mengunggah foto Raja Salman ke grup Ensiklopedia Bebas (fb.com/groups/113471989344155) dengan narasi sebagai berikut :

#infoEB#ARABSAUDI
BREAKING NEWS!!!
kematian raja Salman MASIH BELUM TERKONFIRMASI, namun berita ini sudah tersebar.
Dan 2 anggota senior kerajaan di tangkap atas tuduhan kudeta. Dua anggota tersebut adalah keponakan raja Salman dan putra mahkota yaitu pangeran Mohamed bin Salman.
Nantikan informasi lainnya
Nb : sengaja memakai huruf kapital karena mungkin banyak yang salah paham, terima kasih!.”

Postingan inijuga berisi tautan berita dari situs media Jerman Deutsche Welle (DW) yang berjudul “Diduga Kudeta Raja Salman, Dua Pangeran Arab Saudi Ditahan” dan tautan unggahan akun Twitter Rita_Katz yang menginformasikan meninggalnya Raja Salman.

Sumber : https://perma.cc/8C6A-S3GU (Arsip) – Sudah dibagikan 242 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdarasarkan hasil penelusuran Tim CekFakta Tempo, Informasi kematian Raja Salman dan penangkapan putra mahkota, Mohammed bin Salman atau tuduhan kudeta adalah informasi yang salah.

Raja Salman masih dalam keadaan sehat dan tetap beraktivitas seperti biasa. Anggota Kerajaan Arab Saudi yang ditangkap atas tuduhan kudeta adalah saudara Raja Salman, Pangeran Ahmed bin Abdulaziz al Saud, dan keponakan Raja Salman, Pangeran Mohammed bin Nayef bukan putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman

Tim CekFakta Tempo mula-mula membaca berita dari DW yang tautannya terdapat dalam unggahan akun Bagas Dwi di atas. Faktanya, dalam berita itu, Mohammed bin Salman tidak termasuk dalam salah satu anggota Kerajaan Arab Saudi yang ditangkap atas tuduhan kudeta.

Berita itu menyebut bahwa anggota Kerajaan Arab Saudi yang dilaporkan ditangkap pada 6 Maret 2020 lalu adalah saudara Raja Salman, Pangeran Ahmed bin Abdulaziz al Saud, dan keponakan Raja Salman, Pangeran Mohammed bin Nayef. Keduanya ditahan atas tuduhan kudeta terhadap Raja Salman dan putra mahkotanya, Mohammed bin Salman.

Mohammed bin Nayef sebelumnya adalah seorang tokoh kuat yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Kontraterorisme Arab Saudi. Dia sempat menjadi putra mahkota hingga 2017. Namun, Raja Salman mengambil gelar itu dari Mohammed bin Nayef dan menempatkan anaknya, Mohammed bin Salman, sebagai putra mahkota agar tetap mendapat dukungan dari sekutu lama, Amerika Serikat.

Namun, menurut laporan DW, Mohammed bin Salman tidak begitu populer di antara beberapa anggota utama keluarga kerajaan karena telah memperketat cengkeramannya pada kekuasaan. Beberapa pihak juga mempertanyakan kemampuannya untuk memimpin menyusul pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018 serta serangan besar-besaran terhadap infrastruktur minyak milik Arab Saudi pada 2019.

Oleh karena itu, menurut sumber DW, para bangsawan berusaha mengubah garis suksesi pemerintahan dengan mempertimbangkan Ahmed bin Abdulaziz al Saud, satu-satunya saudara laki-laki Raja Salman yang masih hidup. Dia dinilai bisa menjadi pilihan yang mungkin yang akan mendapat dukungan dari anggota keluarga, aparat keamanan, dan kekuatan Barat.

Berita terkait penangkapan Ahmed bin Abdulaziz al Saud dan Mohammed bin Nayef juga dimuat oleh beberapa media asing, seperti The Associated Press, Reuters, dan Al Jazeera. Situs media Indonesia pun memberitakan penangkapan tersebut, termasuk Tempo, serta CNN Indonesia.

Dikutip dari CNN Indonesia, selain Ahmed bin Abdulaziz al Saud dan Mohammed bin Nayef, penangkapan juga dilakukan terhadap Pangeran Nawaf bin Nayef. Penahanan ini pun menggiring spekulasi tentang kesehatan Raja Salman dan suksesi Mohammed bin Salman yang tidak lama lagi.

Namun, sumber yang dekat dengan kepemimpinan Arab Saudi mengatakan kepada AFP bahwa “raja sehat dan baik-baik saja”. Sumber itu juga menuturkan bahwa penahanan ketiga pangeran tersebut dimaksudkan untuk menegakkan disiplin dalam keluarga kerajaan.

Dilansir dari IDN Times, rumor tentang meninggalnya Raja Salman juga telah dibantah oleh pihak Kerajaan Arab Saudi dengan merilis foto laki-laki berusia 84 tahun tersebut pada 8 Maret 2020. Dalam foto tersebut, Raja Salman sedang membaca sebuah dokumen, memperlihatkan bahwa ia masih menjalankan tugasnya seperti biasa.

Adapun dikutip dari The Washington Post, pihak kerajaaan membantah bahwa kesehatan Raja Salman dalam kondisi yang buruk dengan merilis foto-foto kegiatannya pada 8 Maret 2020 di situs resmi Saudi Press Agency. Dalam foto-foto itu, terlihat bahwa Raja Salman sedang menerima kunjungan dari dua diplomat Arab Saudi dan tampak baik-baik saja.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/661/fakta-atau-hoaks-benarkah-raja-salman-meninggal-dan-putra-mahkotanya-ditangkap-karena-tuduhan-kudeta
https://www.dw.com/id/arab-saudi-tahan-2-anggota-senior-keluarga-kerajaan/a-52675334
https://apnews.com/2cfcadf805624955c1f486511886cebb
https://threadreaderapp.com/thread/1236425321332776960.html
https://www.aljazeera.com/amp/news/2020/03/saudi-arabia-detains-king-brother-nephew-crackdown-report-200307044407462.html
https://dunia.tempo.co/read/1316599/dua-pangeran-arab-saudi-ditangkap-mau-kudeta-raja-salman
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200307202728-120-481421/dugaan-kudeta-dan-pembersihan-saingan-putra-mahkota-saudi
https://www.idntimes.com/news/world/rosa-folia/dirumorkan-meninggal-arab-saudi-rilis-foto-raja-salman/full
https://www.washingtonpost.com/world/saudi-king-salman-appears-in-public-dispelling-rumors-about-his-health/2020/03/08/eea1cc88-6131-11ea-8a8e-5c5336b32760_story.html
https://www.spa.gov.sa/viewfullstory.php?lang=en&newsid=2044173&lang=en

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo