[SALAH] 1000 Tiket Pesawat Gratis Untuk WNI Pulang Ke Tanah Air Dari PT Angkasa Pura 1 Karena Virus Corona

PT Angkasa Pura (AP) 1 tidak pernah membuat program 1000 tiket pesawat gratis untuk WNI pulang ke Indonesia lantaran kasus virus Corona. Pihak AP1 sudah memberikan bantahannya melalui akun media sosialnya. Selain itu, pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) juga sudah memberikan bantahannya melalui akun media sosialnya.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Facebook

Archive:

https://web.archive.org/web/20200303042827/https://www.facebook.com/PT.angkasapurajayaabadi/posts/112218883707903

=====

Narasi:

“Mentri luar negeri ibu retno marsudi, memberitahukan kepada seluruh warga wni yang ada di luar negeri, agar kiranya untuk berhari” akibat virus korona yang ada di china, president jokowi, memerintahkan kepada ibu retno marsudi, menteri luar negeri, untuk memulangkan wni yang ingin mau pulang sebanyak 1000 tiket gratis.

Buruan secepat mungkin untuk melaporkan diri anda, di PT. Angkasa pura, di nomor hp yg tertera di bawah, karna stok tiketnya terbatas cuma 1000 lembar, siapa cepat dia akan pulang dengan gratis.

PT. Angkasa pura1 (persero) bekerjasama untuk memulangkan wni yg ingin mau pulang ke tanah air, sebanyak 1000 orang di luar negeri secara grstis.

PT. Angkasa pura 1 (persero) mengeluarkan dana corporate soaial responsility, yang di setujui rapat anggota dewan pusat( DPR) pusat

Negara yg di tujuh antara lain: china, hongkong, macau, taiwan, japan, korea, singapura, malaysia, bruney darussalam, saudi arabia, dll.

Silahkan laporkan data di kalian: sesuai paspor dan KTP anda: tlp kantor PT. Angkasa pura bagian pengurusan tiket, Bpk H. Suryanto 082237033117”

=====

Penjelasan:

Beredar informasi bahwa PT Angkasa Pura (AP) 1 memberikan 1000 tiket gratis untuk Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri untuk pulang ke Indonesia. Dalam narasi disebutkan, program itu merupakan instruksi dari Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Pihak AP1 sudah memberikan bantahannya melalui akun media sosial milik perusahaan tersebut. Berikut kutipan bantahan dari pihak AP1:

Di Facebook AP1:

[…] ⚠ WASPADA HOAX ⚠

Waspada Hoax yang menginformasikan bahwa Angkasa Pura I menyediakan sebanyak 1.000 tiket gratis untuk WNI dari luar negeri akibat Virus Korona.

Angkasa Pura I sebagai operator bandara tidak pernah melakukan penjualan tiket pesawat udara kepada penumpang atau bekerjasama dengan biro/agen perjalanan.

Di mohon kepada seluruh Warga Negara Indonesia atau masyarakat agar selalu berhati-hati dan tidak mengirimkan data diri dan mentransfer sejumlah uang kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terima kasih […]

Di Twitter AP1 (@AP_Airports):

[…] ⚠ WASPADA HOAX ⚠

Informasi pada gambar di bawah mohon dibaca dengan cermat ya, #SahabatAP1.

Harap selalu berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan informasi dari media sosial. […]

Adapun, pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melalui akun media sosialnya juga sudah membantah informasi yang beredar itu. Berikut kutipan bantahannya:

[…] Hi #SahabatKemlu! Merebaknya virus COVID-19 membuat kita harus selalu waspada ya. Kita harus terus menjaga daya tahan tubuh, berolahraga dan rajin mencuci tangan dgn sabun.

Tetapi, itu saja tidak cukup. Kita jg harus bijak dalam menyaring informasi yg beredar di internet. Pastikan informasi kamu dari sumber-sumber terpercaya! Selalu perhatikan juga informasi dari otoritas terkait ya!

#IniDiplomasi […]

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten informasi tentang 1000 tiket gratis untuk WNI pulang merupakan informasi yang tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1126007004398500/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4192250/cek-fakta-hoaks-1000-tiket-pesawat-gratis-untuk-wni-pulang-ke-tanah-air

⚠ WASPADA HOAX ⚠Waspada Hoax yang menginformasikan bahwa Angkasa Pura I menyediakan sebanyak 1.000 tiket gratis untuk…

Posted by Angkasa Pura Airports on Saturday, February 29, 2020

Hi #SahabatKemlu! Merebaknya virus COVID-19 membuat kita harus selalu waspada ya. Kita harus terus menjaga daya tahan…

Posted by Kementerian Luar Negeri RI on Sunday, March 1, 2020