[BERITA] “Penjelasan 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Indonesia”

Ralat dari judul “BIKIN Kaget! Ada 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Indonesia, Jakarta Paling Banyak”

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Berita.

======

SUMBER

http://archive.md/ijN8N (arsip cadangan), WARTAKOTAlive.com: “Ada 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Indonesia, Ini Penjelasannya” (judul sudah direvisi).

======

PENJELASAN

(1) WARTAKOTAlive.com: “Berita ini merupakan ralat dari berita sebelumnya berjudul :

Bikin Kaget! Ada 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Indonesia, Jakarta Paling Banyak.

https://wartakota.tribunnews.com/2020/02/28/bikin-kaget-ada-136-pasien-dalam-pengawasan-virus-corona-di-indonesia-jakarta-paling-banyak

Selengkapnya di “Ralat Berita Ini Penjelasan Soal Adanya 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Indonesia” http://archive.md/wip/1BsuB (arsip cadangan).


(2) WARTAKOTAlive.com: “Judul Berita ini telah diralat dan diubah dari tadinya berjudul BIKIN Kaget! Ada 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Indonesia, Jakarta Paling banyak

Menjadi

Ini Penjelasan Soal Adanya 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Indonesia.

Selain itu, redaksi juga telah menyesuaikan beberapa isi dalam tubuh berita agar tidak terjadi kesalahpahaman”

Selengkapnya di tautan bagian SUMBER.

======

REFERENSI

* detikHealth: “Jakarta – Di media sosial viral pesan menyebut 136 pasien dalam pengawasan virus corona. Tertulis juga bahwa pasien pengawasan terbanyak virus corona terbanyak di DKI Jakarta.

“Astagfirullah BIKIN KAGET! Ada 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di #Indonesia – DKI Jakarta 35 orang, Bali 21 orang, Jateng 13 Orang, Kepri 11 orang, Jabar 9 orang, Jatim 10 orang, Banten 5 oang, Sulut 6 orang, Jogya 6 orang, Kaltim 3 orang,” cuit akun Twitter @fahiraidris yang juga anggota DPD RI.

Menanggapi, Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes menyebut pasien dalam pengawasan bukan pasien positif virus corona. Ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk menentukan seseorang positif Covid-19 atau tidak.”

Selengkapnya di “Viral 136 Pasien RI dalam Pengawasan Virus Corona, Ini Faktanya” http://bit.ly/2Tp41Qq / http://archive.md/7fYp3 (arsip cadangan).

======

CATATAN

(1) Tangkapan layar dari warganet dan cache hasil pencarian cuitan akun “Fahira Idris DPD RI” (twitter.com/fahiraidris, akun terverifikasi) dengan kata kunci “fahira idris astaghfirullah bikin kaget”, selengkapnya di http://bit.ly/39bqh6P / http://archive.md/LcbsC (arsip cadangan).


(2) Tangkapan layar pesan berantai artikel “BIKIN Kaget! Ada 136 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Indonesia, Jakarta Paling Banyak” yang diedarkan di WhatsApp.


(3) Koreksi Fahira Idris terhadap cuitan yang sebelumnya, selengkapnya di http://bit.ly/2IaE2XM / http://bit.ly/32E6YAz.