[SALAH] “Kejadian GALAXY MALL 3 Surabaya”

BUKAN di Surabaya. Lokasi kejadian: daerah Ratchadaphisek di THAILAND, para pelaku adalah komplotan pencuri barang bermerek mahal (branded).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/3chB0yP / http://bit.ly/2ThIFnX (arsip cadangan) akun “௱ΛŤΛ нΛ尺ɪ” (twitter.com/Mat4H4ri), sudah dibagikan 4.6 ribu kali per tangkapan layar dibuat.

(Untuk sumber lainnya cek bagian CATATAN).

======

NARASI

“Kejadian GALAXY MALL 3 Surabaya,
Tahu ndirilah Galaxy Mall brasa di Hongkong 😂😂
ti atiloh gaeeeeaas…iku rupane tacik².
Maling yo maling ae…”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

* SUMBER membagikan video rekaman kamera pengawas peristiwa di daerah Ratchadaphisek (THAILAND).

* SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sehingga membangun kesimpulan pelintiran.


(2) Salah satu berita yang berkaitan, YouTube @ 20 Feb 2020: “Daerah Ratchadaphisek Menurut gambar yang dipublikasikan di media sosial sebelum melarikan diri oleh gambar CCTV Penjahat yang tertangkap adalah dua gadis yang mencuri tas tangan”

Google Translate Chrome Ekstension, video dan selengkapnya (bahasa asli, Thailand) di http://bit.ly/3cbgXSv / http://archive.md/Anc0a (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) ThaiResidents.com: “Ada geng pencurian yang secara khusus menargetkan tas-tas Nama Merek, target utamanya adalah pembeli di mal-mal besar. Kapten Polisi Bapinwich Saenaplang dari Kantor Polisi Hua Khwang di Bangkok melaporkan bahwa sekitar pukul 20.00 pada 19 Februari 2020 seorang wanita berusia sekitar 30 – 40 tahun datang untuk mengajukan laporan kepada polisi setelah geng pencurian mencuri tas-tas bermereknya. Korban sedang makan di sebuah mal terkenal di Jalan Ratchadapisek bersama 3 teman lainnya ketika insiden itu terjadi.”

Google Translate, selengkapnya di “Waspadai geng pencurian yang mengincar tas Nama Merek” http://bit.ly/32tBL2Y / http://bit.ly/2PuVB8Z (arsip cadangan).


(2) Google Maps: “Ratchadaphisek Road Malls”

Selengkapnya di http://bit.ly/2VnfBy1.


(3) Koreksi dari SURYA.CO.ID: “Catatan Redaksi: Berita ini telah mengalami revisi. Artikel semula yang menyebutkan kejadian berlangsung di Mal Surabaya ternyata hoax.”

Selengkapnya di http://bit.ly/2uGqdx4 / http://archive.md/Er0e3

======

CATATAN

Beberapa sumber lain yang membagikan dengan narasi salah:

* “Berita dan Fakta Indonesia” (instagram.com/fakta.indo): “Detik-detik pencurian tas di sebuah restoran di Galaxy Mall 3 Surabaya.”

Foto di http://bit.ly/2T1iGlO / http://archive.md/upWgx (arsip cadangan).

* SURYA.CO.ID: “Video viral aksi dua wanita pencuri berdandan keren yang menyatroni pengunjung restoran di salah satu Mal di Surabaya menjadi sorotan.

Aksi kedua wanita pencuri itu viral setelah video rekaman CCTV aksinya tersebar di media sosial.

Wanita pencuri ini tak menyadari kalau aksinya terekam kamera CCTV.”

Selengkapnya di “VIDEO Viral Pencuri Berdandan Keren di Mal Surabaya, Hitungan Detik Gondol Tas Pengunjung Resto” http://archive.md/wNZmh (arsip cadangan).

* Wiken.ID: “Selalu berhati-hatilah terhadap barang bawaan kalian dimana pun kalian berada.

Jika tidak dalam sekejap barang bawaan anda bisa raib digondol pencuri.

Seperti yang dialami seorang wanita ini yang tengah asyik makan di sebuah restoran.

Dalam sebuah video yang memperlihatkan aksi dua wanita pencuri berdandan keren yang menyambangi pengunjung restoran di salah satu Mal di Surabaya mendadak menjadi sorotan.”

Selengkapnya di “Muka Pelaku Aksi Pencurian Sangat Jelas di Rekaman Video CCTV, Dalam Hitungan Detik Langsung Gasak Dompet Pengunjung Restoran” http://archive.md/VHpy7 (arsip cadangan).