[SALAH] Foto Jokowi Memberikan Salam Saat Sholat dengan Tulisan Salam Pancasila

Foto aslinya adalah ketika Presiden Jokowi sholat di Masjid Niujie, Beijing, China, Minggu (14/5/2017) dan tidak ada tulisan “SALAM PANCASILA”. Kunjungan Presiden Jokowi ke Masjid Niujie itu dilakukan di tengah sejumlah agenda yang dihadiri saat hari pertama pertemuan Belt and Road Forum for International Cooperation (BRF-IC).

Mengacu pada kategori misinformasi dan disinformasi dari First Draft, postingan akun Facebook Rezaa atau @uhhbakk dapat masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan atau misleading content.

=====

KATEGORI: Misleading Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“SALAM PANCASILA,” posting akun Facebook Rezaa atau @uhhbakk dalam Foto Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu, 23 Februari 2020.

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Rezaa atau @uhhbakk mengunggah foto Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) yang nampak sedang memberikan salam saat sholat. Di dalam foto tersebut, akun @uhhbakk menambahkan tulisan “SALAM PANCASILA”.

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, foto yang diposting oleh akun @uhhbakk adalah foto editan.

Aslinya foto tersebut adalah foto Presiden Jokowi saat melakukan sholat di Masjid Niujie, Beijing, China, Minggu (14/5/2017) dan tidak ada tulisan “SALAM PANCASILA”. Kunjungan Presiden Jokowi ke Masjid Niujie itu dilakukan di tengah sejumlah agenda yang dihadiri saat hari pertama pertemuan Belt and Road Forum for International Cooperation (BRF-IC).

Beberapa media daring menjadikan foto tersebut untuk artikelnya, seperti bisnis.com dengan artikel bertajuk “LAPORAN DARI BEIJING: Presiden Jokowi Sempatkan Salat di Masjid Niujie,” kemudian republika.co.id dengan artikel bertajuk “Presiden Jokowi Kunjungi Masjid Niujie Ali di Cina” dan tempo.co dengan artikel bertajuk “Kunjungi Masjid Niujie Beijing: Gus Dur Pertama, Jokowi yang Kedua”.

Dalam kategori Misinformasi atau Disinformasi dari First Draft, foto Presiden Jokowi sedang memberikan salam saat sholah dengan ditambahkan narasi “SALAM PANCASILA” dapat masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

=====

REFERENSI:

1.https://archive.md/lE5OO

2.https://www.facebook.com/groups/108430979886/permalink/10158410880739887/

3.https://finansial.bisnis.com/read/20170514/9/653325/laporan-dari-beijing-presiden-jokowi-sempatkan-salat-di-masjid-niujie

4.https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/05/14/opxt21299-presiden-jokowi-kunjungi-masjid-niujie-ali-di-cina

5. https://nasional.tempo.co/read/875261/kunjungi-masjid-niujie-beijing-gus-dur-pertama-jokowi-yang-kedua

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1121509198181614/