[SALAH] “Bu Risma minta didoakan agar Surabaya tdk hancur”

Berkaitan dengan menyiapkan siaga bencana, BUKAN tentang premis pelintiran seperti yang diedarkan. Sampai saat ini gempa BELUM bisa diprediksi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan.

======

SUMBER

http://bit.ly/3a98NZ7 / http://archive.md/cihfA post ke grup “AIS (All Info Surabaya)” (facebook.com/groups/2155209984768081) oleh akun “Septyan” (facebook.com/septyan.septyan.395891), sudah dibagikan 8 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Ini dpt info dr group LPMK AAC :
Bu Risma minta utk didoakan agar kota Surabaya tdk hancur krn adanya patahan lempeng yg melewati Sukolilo sampe Cerme Gresik Dan patahan yg garis kedua dari Waru ke Krian, Mojokerto, Jombang, Nganjuk sampe Cepu.
Tim Ahli Gempa Dan juga dari ITS sdh melihat tanda2 pada jalan2 yg akan terjadi patahan dan terlihat semakin membesar.

Maaf video kurang full.”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

* SUMBER membagikan video mengenai persiapan siaga bencana.

* SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan konteks video yang sebenarnya sehingga menimbulkan premis pelitiran.


(2) Beberapa artikel yang berkaitan,

* CNN Indonesia: “Walikota Surabaya, Tri Rismaharini melakukan segala cara untuk siaga bencana bagi kota Surabaya. Selain menyiapkan siaga bencana secara teknis, ternyata walikota Surabaya juga dapat masukan dari peramal, yang meramalkan bencana dan peristiwa yang akan terjadi di Indonesia pada 2020.”

Video di “VIDEO: Risma Tanggapi Masukan Peramal Tentang Bencana Alam” http://bit.ly/2HVQQ3U / http://bit.ly/2Vkr2GE (arsip cadangan).

* TEMPO.CO: “Menurut Widjo Kongko, memang terdapat sesar Surabaya yang menurut penelitian dimulai dari kawasan Keputih hingga Cerme. Namun mengenai potensi kehancuran seperti yang disebarkan lewat pesan tersebut, dia mengatakan bahwa perlu pemetaan lebih soal tingkat kerusakan.”

Selengkapnya di “Pakar Tsunami Widjo Kongko Bantah Sesar Surabaya Membesar” http://bit.ly/2SUCVBv / http://bit.ly/2Vkan6b (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) USGS: “Bisakah Anda memprediksi gempa bumi?

Tidak. USGS maupun ilmuwan lain tidak pernah memperkirakan gempa besar. Kami tidak tahu caranya, dan kami tidak berharap tahu kapan saja di masa mendatang. Ilmuwan USGS hanya dapat menghitung probabilitas bahwa gempa bumi yang signifikan akan terjadi di daerah tertentu dalam beberapa tahun tertentu.”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/3c6uxX4 / http://bit.ly/3c7Ah2Y (arsip cadangan).

——

(2) Saintif: “Ringkasan

* Sampai saat ini kita belum bisa memprediksi gempa

* Prediksi gempa harus memenuhi tiga kriteria: lokasi tepatnya, waktu tepatnya, dan seberapa kuat kekuatannya. Sayangnya prediksi gempa yang memenuhi tiga kriteria ini sangat sulit dipenuhi.

* Kejadian gempa itu kompleks dan membingungkan, pemicunya mulai dari aktivitas inti, mantel, kerak Bumi, aktivitas tektonik, benda angkasa, dan juga rotasi Bumi.”

Selengkapnya di http://bit.ly/2ER9tXx / http://bit.ly/3a1QnJC (arsip cadangan) .