[SALAH] “Setelah Membakar Al-Qur’an Jari Tangan Pria Ini Menghitam dan Membusuk Mengeluarkan Bau Menjijikan”

Hoaks lama beredar kembali. Bukan karena membakar Al Quran, tapi karena terkena penyakit pes. Penyakit ini diderita oleh Paul Gaylord setelah ia didigit seekor kucing saat berusaha melepaskan seekor tikus yang tersangkut di tenggorokan kucing itu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun ISLAM Agamaku (fb.com/ISLAM-Agamaku-836566573354233) membagikan sebuah artikel berjudul “Setelah Membakar Al-Qur’an Jari Tangan Pria Ini Menghitam dan Membusuk Mengeluarkan Bau Menjijikan” yang dimuat di situs isman.kabarmedia[dot]site.

Berikut sebagian isi artikel tersebut;
“Azab yang sangat pedih menimpa seorang warga negara Amerika. Karena merobek-robek dan membakar Al-qur’an, dia terkena penyakit yang sangat misteri. Semua jari di kedua tangannya melepuh, membusuk, dan menghitam. Selain itu, pada lukanya tersebut juga menimbulkan aroma yang tak sedap.”

Sumber : http://archive.ph/kcJ2Xhttp://archive.ph/onn5J (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim ini adalah hoaks lama yang beredar kembali. Pada tahun Maret 2018, artikel periksa fakta terkait klaim ini sudah pernah dimuat di situs turnbackhoax.id

Menurut artikel berjudul “Oregon man recovering from rare case of the plague” yang dimuat di situs theguardian.com pada 18 Juli 2012, menghitamnya jari tangan pria yang bernama Paul Gaylord tersebut tidak terkait dengan pembakaran Al Quran. Jari tangan pria asal Prineville, Oregon, Amerika itu menghitam setelah mencoba mengambil tikus yang tersangkut di tenggorokan seekor kucing.

Namun upaya tersebut gagal dan kucing tersebut malah menggigit tangannya. Gaylord yang gagal mengeluarkan bangkai tikus itu akhirnya menembak Charlie, si kucing. Alasannya, agar hewan itu lepas dari penderitaan. Binatang itu kemudian ia kubur di halaman. Dua hari kemudian, Paul mengalami demam dan kedinginan. Kondisi Paul pun sempat kritis.

Menurut dokter, Gaylord terkena penyakit pes. Tubuh Charlie yang coba diselamatkan oleh Paul, yang akhirnya mati dan dikubur, dites untuk mengetahui penyakit yang dibawanya. Hasil tes menunjukkan bahwa Charlie memang mengidap penyakit pes.

Dalam berita yang dimuat di situs dailymail.co.uk pada 19 September 2012, diinformasikan bahwa para dokter di St Charles Medical Center mengamputasi bagian tubuh pasien yang menghitam. Operasi berjalan 2,5 jam. Sukses, tapi menyakitkan. Ahli bedah mengamputasi jari-jari tangannya, hingga ke telapak bagian atas. Hanya setengah dari jempol kirinya yang tersisa. Yang bagian kanan bahkan hilang seluruhnya. Tak hanya itu, para dokter juga mengamputasi jemari kaki dan bagian atas telapak kaki kanan Gaylord.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2018/03/23/salah-ini-adalah-orang-yang-pernah-membakar-dan-merobek-merobek-alquran-di-amerika/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/3697107/cek-fakta-viral-foto-tangan-pria-gosong-karena-bakar-alquran-benarkah
https://cekfakta.tempo.co/fakta/622/fakta-atau-hoaks-benarkah-jari-tangan-pria-ini-menghitam-setelah-bakar-al-quran
https://www.theguardian.com/world/2012/jul/18/oregon-man-case-plague
https://www.dailymail.co.uk/news/article-2205782/Im-happy-alive-Plague-victim-fingers-toes-amputated-painful-2-5-hour-surgery.html

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo