[SALAH] Foto “Toko Daging Cina Yang Menjual Daging Manusia”

Bukan toko daging yang menjual daging manusia. 2 foto adalah foto Pasar Smithfield, Inggris. 2 foto berlokasi di Hongkong dan 2 foto adalah bagian dari aksi satire aktivis Anti-Speciesist Action Collective di Garema Place, Australia, bagian dari kampanye penghentian konsumsi daging hewan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Dendy Adelbert (fb.com/dendyadelbert92official) mengunggah sebuah gambar yang merupakan gabungan dari 6 foto dengan narasi “#viral, Toko Daging DiChina. #klik

Di gambar itu terdapat narasi “Foto Foto Toko Daging Cina Yang Menjual Daging Manusia”

Sumber : https://perma.cc/9TNW-6U33 (Arsip) – Sudah dibagikan 845 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim CekFakta Tempo yang menggunakan reverse image tools milik Google, Yandex dan TinEye, ditemukan fakta bahwa foto-foto bukanlah foto toko daging yang menjual daging manusia. 2 foto adalah foto Pasar Smithfield, Inggris. 2 foto berlokasi di Hongkong dan 2 foto adalah bagian dari aksi satire aktivis Anti-Speciesist Action Collective di Garema Place, Australia, bagian dari kampanye penghentian konsumsi daging hewan.

Sebelumnya, pada tahun 2016 dan 2019, pernah beredar klaim daging impor dari China yang juga diklaim sebagai daging manusia. Namun berdasarkan hasil periksa fakta di turnbackhoax.id , daging itu bukanlah daging manusia, melainkan daging yang asalnya dari hewan ternak.

Dan foto-foto tentang daging yang digantung berbentuk potongan tubuh manusia sebenarnya adalah event yang diselenggarakan oleh Capcom pada tahun 2012 dalam rangka pekan seni bertema Resident Evil di London

Berikut penjelasan lengkap terkait foto-foto yang diunggah sumber klaim;

1. Foto suasana penyiapan daging untuk dijual di Pasar Smithfield, Inggris, pada 14 Maret 2013. Pasar Smithfield, yang secara resmi bernama Pasar Pusat London, dikenal sebagai pasar hewan ternak sejak abad ke-12. Foto ini diambil oleh Oli Scarff dan dimuat di situs penyedia foto Getty Images.
Sumber : http://bit.ly/38pCRiz

2. Foto suasana pekerja di Pasar Smithfield, salah satu pasar tertua di London, Inggris, dan salah satu pasar daging terbesar di Eropa. Foto ini diambil oleh Steve Gong, jurnalis sekaligus fotografer yang berbasis di New York, London, serta Beijing.
Sumber : http://bit.ly/2UPdrXu

3. Foto toko daging di Jalan Kowloon, Hong Kong. Toko ini menjual berbagai daging hewan, mulai dari ayam hingga babi. Foto ini diambil oleh Donna Hull dan dimuat di situs My Itchy Travel Feet. Foto itu terdapat dalam artikel Hull berjudul “Saturday’s scene: Shopping for Dinner in Hong Kong” yang dipublikasikan pada 15 Oktober 2011.
Sumber : http://bit.ly/37qUs8i

4. Foto diambil oleh fotografer AFP, Peter Parks, di kios daging hewan di Hong Kong pada 3 April 2003. Foto ini dimuat di situs penyedia foto Getty Images dan diberi keterangan bahwa tukang daging dalam foto itu mengenakan masker untuk melindungi dirinya dari wabah pneumonia yang mematikan di Hong Kong ketika itu, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).
Sumber : http://bit.ly/2SAEcMA

5. Foto diambil dari situs Anti-Spesiesist yang dimuat pada 6 Oktober 2018. Namun, foto-foto itu bukanlah foto-foto penjualan daging manusia. Foto-foto itu memperlihatkan aksi satire aktivis Anti-Speciesist Action Collective di Garema Place, Australia, pada 6 Oktober 2018 sebagai bagian dari kampanye penghentian konsumsi daging hewan. Mereka memilih aksi tersebut karena daging hewan sama dengan daging manusia. Adapun foto kedua kemungkinan besar juga diambil dari acara yang sama. Alasannya, label “human meat” yang digunakan sama persis.
Sumber : http://bit.ly/31PkMIa

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/619/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-foto-foto-toko-di-cina-yang-menjual-daging-manusia
https://turnbackhoax.id/2016/07/25/hoax-tiongkok-produksi-kornet-berbahan-tubuh-manusia/
https://turnbackhoax.id/2019/07/06/salah-hati-hati-daging-manusia-impor-dari-china/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo