[SALAH] Dokter Israel Membantu Pasien Corona di China

Periksa fakta oleh Anissa Antania Hanjani

Gambar-gambar tersebut bukan merupakan foto dokter Israel yang membantu pasien Corona, melainkan dokter-dokter dari IDF yang membantu korban topan Haiyan pada 8 November 2013. Gambar lainnya merupakan foto petugas medis China sedang membantu pasien di Wuhan.

=====

Kategori: Koneksi yang Salah/False Connection

=====

Sumber: Facebook

Archive:

http://archive.fo/xgIDd

=====

Narasi:

Dokter Israel bantu RRC ttg wabah virus corona 427 orang dengan percobaan vaksin produk dr Israel dinyatakan sembuh Puji Tuhan. Kerjasama Dr.Israel dan Dr.China ada solusi mengentaskan wabah berbahaya.

=====

Penjelasan:

Beredar sebuah postingan dari akun Sintikhe Lily yang mengklaim dokter dari Israel membantu China dengan percobaan vaksin produk dari Israel. Postingan tersebut juga menyertakan beberapa foto yang diklaim merupakan tim dokter Israel tersebut. Per 10 Februari 2020 pukul 14.17, postingan tersebut sudah dibagikan sebanyak 721 kali dan ditanggapi 268 orang.

Berdasarkan hasil pencarian fakta, klaim dalam postingan tersebut tidak benar. Foto pertama yang digunakan dalam akun tersebut diambil dari peristiwa yang sudah terjadi cukup lama, yakni pada 8 November 2013. Foto tersebut merupakan foto tim dokter dari Israel Defense Forces (IDF) yang sedang menangani korban topan Haiyan di Filipina. Hal ini ditemukan dalam galeri foto IDF di Flickr dengan keterangan sebagai berikut:

[…] El tifón Haiyan golpeó las Filipinas el 8 de noviembre de 2013. La última estimación del Gobierno es que cerca de 7 millones de personas se vieron afectadas por la tormenta, por lo menos 660.000 de las personas afectadas se vieron obligados a evacuar sus hogares, y alrededor de 320.000 personas se refugiaron en centros de evacuación.

Una delegación israelí de 148 miembros fue enviada a Filipinas el 13 de noviembre de 2013, con el fin de ayudar en búsqueda, rescate y servicios médicos en la ciudad de Bogo, destrozada por el tifón. Se montó rápidamente un hospital avanzado multi-disciplinario en Bogo, equipado con aproximadamente 100 toneladas de suministros humanitarios y médicos enviados desde Israel. Se atendieron a 2.686 pacientes, de los cuales 848 eran niños. […]

Terjemahan:

[…] Topan Haiyan menghantam Filipina pada 8 November 2013. Perkiraan terbaru pemerintah adalah bahwa sekitar 7 juta orang terkena dampak badai, setidaknya 660.000 orang yang terkena dampak terpaksa mengungsi dari rumah mereka, dan sekitar 320.000 orang mengungsi di pusat-pusat evakuasi.

Delegasi Israel yang terdiri atas 148 anggota dikirim ke Filipina pada 13 November 2013, untuk membantu pencarian, penyelamatan, dan layanan medis di kota Bogo, dihancurkan oleh topan. Rumah sakit canggih multi-disiplin dengan cepat didirikan di Bogo, dilengkapi dengan sekitar 100 ton pasokan kemanusiaan dan medis yang dikirim dari Israel. 2.686 pasien dirawat, 848 di antaranya adalah anak-anak. […]

Klaim Flickr ini juga didukung dari situs resmi IDF. Sebab, foto tersebut juga dicantumkan dalam artikel berjudul 5 Ways the IDF Keeps Soldiers and Civilians Healthy. Foto tersebut dicantumkan dengan keterangan sebagai berikut:

[…] IDF doctors treat patients in the Philippines field hospital […]

Terjemahan:

[…] Dokter-dokter IDF menangani pasien di rumah sakit lapangan Filipina […]

Sementara gambar kedua dalam postingan tersebut adalah foto seorang petugas medis China yang sedang menangani pasien Corona di Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan, Provinsi Hubei. Foto tersebut dimuat dalam berita dari South China Morning Post berjudul Chinese Tech Firms Pledge Millions to Help Fight Wuhan Coronavirus as Telemedicine Services Surge in Popularity, dengan keterangan sebagai berikut:

[…] A medical worker checking the drip of a patient in the Intensive Care Unit (ICU) of Zhongnan Hospital in Wuhan, Hubei Province. […]

Terjemahan:

[…] Seorang petugas medis mengecek tetesan infus seorang pasien di Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Zhongnan di Wuhan, Provinsi Hubei […]

Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui kejadian dalam foto-foto tersebut tidak mendukung klaim dalam postingan. Terdapat perbedaan tempat dan waktu kejadian antara gambar dan postingan. Oleh karena itu, postingan tersebut termasuk dalam kategori koneksi yang salah.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1109042879428246/

https://www.scmp.com/tech/big-tech/article/3047760/chinese-tech-firms-pledge-millions-help-fight-wuhan-coronavirus

Las FDI en Filipinas

https://www.idf.il/en/minisites/our-soldiers/5-ways-the-idf-keeps-soldiers-and-civilians-healthy/#