[SALAH] Rumah Sakit Kanusojo Balikpapan Telah Menerima Pasien Positif Virus Corona

Sebuah akun Facebook @KazahraTanzania mengunggah informasi dengan klaim bahwa Rumah Sakit Kanusojo, Balikpapan, Kalimantan Timur telah menerima pasien yang positif terjangkit corona. Informasi tersebut diklaim sebagai berita akurat oleh pemilik akun. Yang padahal hingga saat ini tidak ditemukan berita yang mendukung informasi tersebut. Hingga akhirnya belakangan diketahui bahwa akun @KazahraTanzania menyebarkan informasi palsu atau hoaks yang membuatnya harus berurusan dengan pihak berwajib.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

Bismillah

Info penting

Usahakan keluar memakai MASKER karena di RS. Kanujoso sudah menerima PASIEN POSITIF CORONA. ORANG BALIKPAPAN BARU DATANG DARI CHINA (berita akurat)

===

PENJELASAN: Akun Facebook @KazahraTanzania mengunggah informasi dengan klaim bahwa telah ditemukan pasien positif corona di Rumah Sakit Kanujoso, Balikpapan, Kalimantan Timur. Akun @KazahraTanzania mengklaim bahwa informasi yang diunggahnya merupakan berita akurat. Ia bahkan menghimbau masyarakat sekitar untuk menggunakan masker apabila hendak bepergian.

Namun informasi tersebut justru membuat pemilik akun @KazahraTanzania berurusan dengan pihak berwajib. Pasalnya apa yang diunggah akun @KazahraTanzania adalah informasi palsu alias hoaks, yang membuat warga Balikpapan resah. Kepolisian setempat pun akhirnya mengamankan pemilik akun Facebook @KazahraTanzania.

Pemilik akun tersebut ditangkap oleh Ditcyber Krimsus Polda Kaltim pada Sabtu (1/2/2020) pekan lalu. Kasubdit V Syber Krimsus Polda Kaltim, AKBP Albertus Andreana dalam interogasi dengan pemilik akun Facebook @KazahraTanzania, pelaku mengaku menerima informasi adanya pasien virus corona melalui kerabatnya yang kemudian langsung diunggahnya di media sosial Facebook.

“Penetapan sebagai tersangkanya sudah, tapi untuk lebih lanjutnya lagi kita akan gelar perkara dulu, kita melengkapi berkas terlebih dahulu baru kemudian kita menentukan langkah-langkah berikutnya,” jelas AKBP Albertus.

Pasca diamankannya tersangka pemilik akun @KazahraTanzania, baik unggahan terkait virus corona dan juga akun Facebook tersebut tidak lagi ditemukan atau sudah dihapus. Unggahan @KazahraTanzania mengacu kepada Fabricated Content (konten yang salah) alias hoaks.

===

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/video/1278741/polda-kaltim-tetapkan-2-orang-tersangka-penyebar-hoaks-corona
https://bangka.tribunnews.com/2020/02/04/penyebar-berita-hoaks-virus-corona-di-facebook-ternyata-bukan-laki-laki-tapi-perempuan-awlanya-iseng
https://kaltim.tribunnews.com/2020/02/04/penyebar-hoax-virus-corona-di-balikpapan-jadi-tersangka-polda-kaltim-jangan-main-main-dengan-hoax