[SALAH] Virus Corona Sudah Sampai di Shah Alam Selangor

Gadis asal Malaysia yang meninggal dalam video bukan meninggal karena virus corona. Hal itu disampaikan oleh ayah almarhumah, Norazlan Mokhri. Ia menegaskan bahwa anaknya bukan meninggal karena virus corona. “Jadi, bagi mereka yang tidak tahu apa-apa, berhentilah menyebarkan video yang mengatakan anak saya itu meninggal karena virus corona. Dan jangan membuat tuduhan macam-macam,” kata Norazlan.

=====

Kategori: False Context/Konten yang Salah

=====

Sumber: Facebook

Archive:

https://archive.st/agl8

=====

Narasi:

Sdh sampai di Shah Alam Selangor. Virus corona sdh mulai menyerang…😱

=====

Penjelasan:

Beredar video yang memperlihatkan seorang gadis berjilbab jatuh dalam sebuah toko. Dalam narasinya disinggung bahwa peristiwa tersungkurnya gadis itu lantaran virus corona sudah sampai Selangor, Malaysia.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa gadis dalam video tersebut meninggal bukan karena virus corona Wuhan. Ayah dari gadis tersebut, Norazlan Mokhri, mengisahkan bahwa putrinya meninggal bukan karena virus corona Wuhan.

“Anak saya meninggal bukan karena virus corona. Itu tidak betul. Saya sekeluarga kesal dengan tindakan pihak-pihak yang menyebarkan berita tanpa melakukan konfirmasi,” ujarnya.

Ia menceritakan, saat pulang dari acara pertunangan keluarga, putrinya, yakni Nur Izzah Izzati, mengajaknya untuk singgah di toko aksesoris ponsel di daerah Seksyen 13, Shah Alam, Malaysia. “Setelah acara selesai, dia mengajak saya ke tempat kerjanya untuk membeli aksesori ponsel,” kisah Norazlan.

Dirinya menunggu di mobil sedangkan Izzah masuk ke toko untuk membeli sesuatu. Namun, tiba-tiba Izzah terjatuh. Teman Izzah memanggil Norazlan. Ia sempat memeriksa denyut nadi jantung anaknya dan langsung membawanya ke rumah sakit terdekat.

Sayangnya, nyawa Izzah tidak dapat tertolong oleh dokter di rumah sakit tersebut. “Anak yang paling dekat dengan saya, Allah memanggil pulang untuk selamanya. Sebagai seorang ayah, saya ridho,” ujar Norazlan.

Atas tersebarnya video tentang anaknya, Norazlan meminta kepada warganet untuk tidak lagi menyebarkan video tersebut. Ia pun menegaskan anaknya meninggal bukan karena virus corona Wuhan.

“Jadi, bagi mereka yang tidak tahu apa-apa, berhentilah menyebarkan video yang mengatakan anak saya itu meninggal karena virus corona. Dan jangan membuat tuduhan macam-macam,” kata Norazlan.

Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dikatakan video yang diklaim sebagai korban meninggal karena virus corona Wuhan di Shah Alam, Malaysia tidak benar. Atas dasar itu, maka konten pada postingan tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1101491486850052/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4167775/cek-fakta-perempuan-muda-meninggal-mendadak-saat-belanja-di-toko-bukan-akibat-virus-corona

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-video-wanita-meninggal-di-toko-ternyata-bukan-karena-virus-corona.html

https://www.hmetro.com.my/utama/2020/01/539151/henti-tuduh-anak-saya-meninggal-kerana-koronavirus

https://www.bharian.com.my/berita/nasional/2020/01/650621/anak-saya-meninggal-bukan-kerana-coronavirus

https://www.dream.co.id/your-story/fakta-gadis-jatuh-di-toko-dan-meninggal-karena-terjangkit-virus-corona-2001297.html