[SALAH] Video “Rekaman helikopter #KobeBryant jatuh di udara yang menyebabkan kematiannya”

Bukan video rekaman terkait kecelakaan helikopter yang menimpa Kobe Bryant. Faktanya, video tersebut terkait dengan jatuhnya helikopter saat melakukan misi penyelamatan di Uni Emirat Arab pada Desember 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Al-Shariff Macdo Z. Ampatuan (fb.com/datushariff.ampatuan.1) menunggah sebuah video dengan narasi:

“Footages of how #Kobebryant’s helicopter crashed in the air that resulted in his death”,

atau yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah “Rekaman tentang bagaimana helikopter #Kobebryant jatuh di udara yang menyebabkan kematiannya”

Sumber : https://perma.cc/BVA7-EXEH (Arsip) – Sudah dibagikan 19 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, video yang diklaim detik-detik kecelakaan helikopter yang menewaskan pebasket dunia Kobe Bryant tidak relevan.

Video itu bukan video rekaman terkait kecelakaan helikopter yang menimpa Kobe Bryant yang terjadi pada Minggu 26 Januari 2020 waktu Amerika Serikat.

Faktanya, video tersebut terkait dengan jatuhnya helikopter saat melakukan misi penyelamatan di Uni Emirat Arab pada Desember 2018.

Kecelakaan helikopter yang berlangsung pada Desember 2018 itu, menurut The Sun, terjadi di Uni Emirat Arab (UEA) dengan empat orang penumpangnya menjadi korban. Helikopter bernama Agusta 139 itu dikerahkan untuk menyelamatkan seorang pria di Jebel Jais dekat Dubai. Tapi sebelum sampai tujuan, helikopter itu hilang kendali dan terjatuh.

Sementara itu, helikopter yang ditumpangi pebasket profesional sekaligus bintang NBA, Kobe Bryant, terjatuh di dekat Los Angeles, Amerika Serikat, pada Minggu (26/1/202) waktu setempat.

Dalam kecelakaan di Los Angeles itu, seluruh penumpang tewas termasuk putri kedua Kobe Bryant, Gianna yang berusia 13 tahun.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GKdRqXpb-beredar-video-detik-detik-jatuhnya-helikopter-yang-menewaskan-pebasket-kobe
https://www.antaranews.com/berita/1270111/video-helikopter-kobe-bryant-jatuh-jadi-viral-ini-penjelasannya
https://gulfnews.com/uae/video-four-dead-in-rak-helicopter-crash-1.1546097394182
https://www.thesun.co.uk/news/8082376/uae-helicopter-crash-four-dead/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo