[SALAH] Gadis Ular Gemparkan Thailand

Gadis ular yang diklaim pada postingan sumber merupakan informasi yang salah. Sebab, merujuk pada Bangkok Post dan Hoax Slayer (hoax-slayer.net), informasi mengenai gadis ular di Thailand merupakan hoaks yang sudah beredar sejak 2014.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Facebook

https://web.facebook.com/danialdanish.petrozza/posts/621614988611282

https://web.facebook.com/groups/1073544946090182/permalink/2488714994573163/

Archive:

https://archive.md/dBgl9

https://archive.ph/K8krd

=====

Narasi:

Gadis berusia 8 tahun, Mai Li Fay, dari Bangkok, adalah jauh dari kehidupan yang biasa seorang gadis sebayanya

=====

Penjelasan:

Beredar postingan yang menyebutkan mengenai gadis berusia 8 tahun dengan tubuh separuh ular. Disebutkan dalam narasinya gadis tersebut tinggal di Bangkok, Thailand.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Sebab, diketahui bahwa kabar semacam itu sudah pernah beredar pada tahun 2014. Adapun, kabar tersebut sudah ditelusuri faktanya oleh Bangkok Post dan Hoax Slayer (hoax-slayer.net).

Menurut Bangkok Post, kejanggalan klaim narasi yang beredar ialah pada nama si gadis. Sebab, di Thailand nama Mai Li Fay tidaklah lumrah. Selain itu, pada narasi yang beredar kala itu disebutkan nama dokternya yang juga janggal, yakni Dr. Ping Lao.

Menurut artikel yang berjudul “Not the News: Stories that turned out to be hoaxes” di Bangkok Post, nama-nama di Thailand lumrahnya panjang-panjang, seperti Sumati Sivasiamphai, Pimchanok Phungbun Na Ayudhya atau Pornchai Sereemongkonpol.

Lalu, laman Hoax Slayer juga menyatakan hal serupa. Adapun, melalui narasi yang ditangkap oleh Hoax Slayer, ada nama penyakitnya, yakni “Serpentosis Malianorcis” atau penyakit Jing Jing. Berdasarkan penelusuran laman Hoax Slayer, tidak ditemukan nama penyakit semacam itu. Selain itu, nama dokternya, yakni Dr. Ping Lao juga tidak ditemukan oleh Hoax Slayer sebagai dokter di Thailand.

Tak hanya itu, menurut hasil penelusuran Hoax Slayer, diketahui bahwa kabar gadis bertubuh ular tersebut pertama kali dimunculkan oleh laman satir World News Daily Report. Dalam laman tersebut memang biasa menerbitkan berbagai macam berita satir.

Bahayanya laman satir semacam itu ialah tidak semua paham bahwa laman tersebut berisikan berita satir. Ketika diterima oleh mereka yang tidak paham sisi satirnya maka dapat dianggap sebagai fakta.

Lebih lanjut, Hoax Slayer pun memberikan pernyataan bahwa bila memang benar ada gadis bertubuh ular di Bangkok, Thailand maka seharusnya sudah menjadi pemberitaan nasional. Akan tetapi, berdasarkan hasil penelusuran Hoax Slayer, tidak ditemukan laman berita nasional di Thailand yang membahas mengenai gadis tersebut.

Berdasarkan hal tersebut maka informasi yang beredar mengenai gadis bertubuh ular merupakan informasi yang salah. Atas dasar itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1093027377696463/

https://www.bangkokpost.com/learning/advanced/391320/not-the-news-stories-that-turned-out-to-be-hoaxes

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4152620/cek-fakta-gadis-bertubuh-ular-gemparkan-thailand-faktanya

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/DkqVr4pK-cek-fakta-penampakan-gadis-bertubuh-ular-gemparkan-thailand-ini-faktanya