[SALAH] Foto “Dibayar PDIP 300ribu di suruh demo ke balaikota, rupanya pada modyar semuanya”

Foto-foto yang diunggah oleh sumber klaim tidak ada kaitannya dengan unjuk rasa di depan Gedung Balai Kota DKI Jakarta pada 14 Januari 2020. Foto-foto yang diunggah adalah foto pelaku kejatahan yang diamuk warga.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Bilal Ar Robbah (fb.com/100007021727074) mengunggah sejumlah foto ke grup Dukung Prabowo_Sandiaga Presiden RI 2019_2024 (fbcom/groups/282806375631591) dengan narasi :

“Lur.
Di bayar PDIP 300ribu di suruh demo ke balaikota gue kira pada kebal tubuhnya.
Rupanya pada modyar semuanya wkwkwk.
Abu janda dan dewi tanjung di beritakan lolos dari hadangan sergapan warga DKI.
Dua orang itu lari di sawah-sawah lalu hilang.
Barang bukti sajam PALU ARIT di tinggal di lokasi
#FBR_LU_LAWAN_HOK_AHOK

Sumber : https://perma.cc/9T9M-6XUL (Arsip) – Sudah dibagikan 1368 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh tim CekFakta Medcom.id terhadap foto-foto yang diunggah oleh akun itu, faktanya foto-foto yang diunggah oleh sumber klaim tidak ada kaitannya dengan unjuk rasa di depan Gedung Balai Kota DKI Jakarta pada 14 Januari 2020. Foto-foto yang diunggah adalah foto pelaku kejahatan yang diamuk warga.

Melalui teknik reverse image, lima dari enam foto unggahan akun Bilal Ar Robbah adalah foto pelaku kejahatan yang tertangkap warga saat beraksi. Foto-foto tersebut ditemukan di beberapa media arus utama.

Foto yang pertama pernah dimuat di tribunnews.com dengan judul “BREAKING NEWS: Apes, Dua Perampok di Pringsewu Habis Diamuk Massa” dimuat pada Selasa 21 April 2015. Artikel tersebut berkaitan dengan warga di Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu digegerkan dengan pelaku pencurian yang dihakimi massa.

Foto yang kedua, ditemukan di beritasumut.com dengan artikel berjudul “Jambret Nyaris Tewas Dihajar Massa di Jalan Emas” dimuat pada Selasa, 28 Maret 2017. Di dalam artikel, foto tersebut merupakan dua pelaku perampokan yang ditangkap masyarakat. Disebutkan, dua pelaku tersebut mengendarai sepeda motor yang berhasil merampas tas milik seorang wanita di Jalan Asia tepatnya simpang Jalan Emas Medan nyaris tewas diamuk massa, Senin 27 Maret 2017.

Foto yang ketiga, berkaitan dengan aksi perampokan terjadi di kantor Pegadaian Waena, Kota Jayapura, Papua, Kamis 10 Agustus 2017). Foto serupa dimuat situs pojoksatu.id dengan artikel berjudul “Kawanan Perampok Pegadaian Coba Lawan Anggota TNI, Beginilah Jadinya”. Di dalam artikel itu disebutkan kawanan perampok yang jumlahnya empat orang itu mencoba merampok nasabah Pegadaian Waena, Sance Taifui, yang sedang melakukan transaksi.

Foto yang keempat, pernah dimuat di Merdeka.com, melalui artikel berjudul “Viral, video begal motor kebal saat digebuk pakai balok” tayang pada 22 Maret 2018. Artikel itu meberitakan tentang video pelaku begal yang kebal saat digebuk oleh warga. Peristiwa tersebut terjadi di sekitar Jalan Enggano Sukabumi, Lampung.

Awalnya pelaku sempat tertangkap warga. Kemudian warga berusaha melumpuhkannya. Warga menghantamkan balok besar ke tubuh pria itu. Namun, yang terjadi sangat di luar dugaan. Pelaku tidak gentar sedikitpun. Hal itu pun membuat nyali warga ciut. Mereka perlahan mundur. Akhirnya pelaku berhasil melarikan diri.

Foto yang keenam, ditemukan di akun Isntagram porta berita fokusmedan.com, dengan artikel berjudul “Gagal Merampok Taksi Online, Seorang Pria Babak Belur Diamuk Warga. Di dalam artikel disebutkan warga Jalan Alfalah Kecamatan Medan Timur melakukan aksi main hakim sendiri terhadap tersangka perampokan taksi online, Kamis 28 Juni 2018. Tersangka yang diketahui berinisial BIS (34) nyaris tewas diamuk warga atas perbuatannya. Personel Polsek Medan Timur yang mendapat laporan adanya amuk warga langsung ke lokasi untuk mengamankannya.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GNlYZ4Gb-pdip-bayar-demonstran-rp300-ribu-ke-balai-kota-untuk-melengserkan-anies
https://lampung.tribunnews.com/2015/04/21/apes-dua-perampok-di-pringsewu-habis-diamuk-massa
https://beritasumut.com/peristiwa/Jambret-Nyaris-Tewas-Dihajar-Massa-di-Jalan-Emas
https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2017/08/10/kawanan-perampok-pegadaian-coba-lawan-anggota-tni-beginilah-jadinya/
https://feed.merdeka.com/trend/viral-video-begal-motor-kebal-saat-digebuk-pakai-balok-180321g.html
https://www.instagram.com/p/BkkI37ynVtG/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo