[SALAH] “anjing menyelamatkan bayi koala di kebakaran”

Dari kedinginan, BUKAN karena kebakaran. Peristiwa tahun 2018, tidak berkaitan dengan kebakaran hutan Australia saat ini.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2FrnbOV / http://archive.md/mP3xa (arsip cadangan), akun “Chris Perry” (facebook.com/TheRealChrisPerry). Sudah dibagikan 16,577 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Seorang suami dan istri di Australia membuka pintu mereka untuk pemandangan ini. Anjing keluarga muncul dengan bayi koala di punggungnya, yang diselamatkan dari api. Sorot mata mereka menceritakan kisah itu. 😭🙌❤️

“Suamiku memanggilku ke pintu. Saya tidak tahu apa yang dia bicarakan pada awalnya, tetapi kemudian saya melihat koala kecil ini meringkuk di atas Asha. “Ada manusia dan hewan di seluruh Australia yang bekerja untuk menyelamatkan hewan. Kisah-kisah luar biasa datang dari situs-situs seperti “Hewan Membuat Kehidupan Lebih Baik” di mana kisah ini diceritakan, termasuk kisah satu keluarga yang telah menyelamatkan hampir satu juta hewan di seluruh Kebun Binatang Australia. ❤️”

Google Translate, dengan penyesuaian seperlunya.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

* SUMBER membagikan foto Asha, anjing golden retiever milik Kerry McKinnon, yang menyelamatkan bayi koala dari kedinginan.

* SUMBER menambahkan narasi yang salah dari foto yang dibagikan yang menimbulkan kesimpulan yang salah. Peristiwa tahun 2018, tidak berkaitan dengan kebakaran hutan Australia saat ini.


(2) news.com.au @ 28 September 2018: “Pemilik anjing yang bangga, Kerry McKinnon, mendapat kejutan dalam hidupnya setelah menemukan koala joey mungil yang meringkuk bersama golden retriever Asha yang berusia lima tahun awal pekan ini.

Wanita 45 tahun dari Strathdownie di Victoria barat mengatakan koala kemungkinan menjadi terpisah dari induknya pada malam hari dan berjalan ke teras belakangnya, menemukan kenyamanan dalam bulu hangat Asha.

Dengan suhu di wilayah itu turun hingga 5 derajat Celcius pada dini hari, Kerry mengatakan bahwa koala yang tak berdaya itu “tidak akan pernah berhasil melewati malam” jika tidak dipeluk oleh Asha.”

Google Translate dengan penyesuaian seperlunya, selengkapnya di http://bit.ly/36J4GSh / http://archive.md/ZVkeE (arsip cadangan).


(3) Tentang kondisi kebakaran saat ini di Australia, CNN: “Langit merah darah menjulang di atas tenggara Australia setelah kebakaran hutan yang mematikan membawa ‘salah satu hari terburuk yang pernah ada’

Oleh Hilary Whiteman dan Adam Renton, CNN
Diperbarui 0210 GMT (1010 HKT) 6 Januari 2020

(CNN) Langit berubah merah darah di atas bagian tenggara Australia pada hari Minggu ketika penduduk mencari perlindungan dari kebakaran hutan yang mematikan , dan seorang pemadam kebakaran senior menggambarkan 24 jam sebelumnya sebagai “salah satu hari terburuk kami.”

Foto-foto Pambula, di negara bagian New South Wales, menunjukkan pemandangan yang menakutkan, dipenuhi asap, dengan jalan-jalan sepi diterangi oleh langit merah dunia lain yang menyala-nyala.

Sekitar 30 kilometer (19 mil) selatan, langit merah darah menjulang di atas kota Eden. Di sana, ratusan warga mencari perlindungan di pantai atas saran polisi, kata seorang warga Eden kepada CNN. Banyak rumah hancur di daerah itu, dan para pejabat mengatakan mereka khawatir akan ada korban jiwa.

Sebanyak 146 kebakaran membakar di seluruh negara bagian, dengan 65 tidak terkendali, menurut NSW Rural Fire Service (NSWRFS). Sekitar 2.700 petugas pemadam kebakaran menangani kebakaran pada hari Minggu.

“Kondisinya mereda hari ini dan petugas pemadam kebakaran telah mendapatkan perhatian di atas beberapa kebakaran berbahaya. Tidak ada larangan api total untuk hari Senin,” NSWRFS memposting di Twitter.

(foto)
Langit merah darah membayang di atas Eden, New South Wales, pada 5 Januari 2020.

Sebelumnya, Komisaris NSWRFS Shane Fitzsimmons mengatakan pada konferensi pers bahwa hari Sabtu adalah “salah satu hari terburuk kami dalam sejarah.”

“Sejumlah besar” properti hilang di NSW pada hari Sabtu, kata Fitzsimmons, menambahkan bahwa seorang pria berusia 47 tahun telah meninggal karena serangan jantung saat memadamkan api yang mengancam rumah temannya di Batlow. Pria itu adalah orang ke-24 yang tewas secara nasional di musim kebakaran ini.

Secara terpisah, empat petugas pemadam kebakaran di NSW dirawat di rumah sakit karena menghirup asap, kelelahan panas dan luka bakar tangan. Sejak itu mereka telah dibebaskan.

Fitzsimmons mengatakan bahwa kondisinya dapat memburuk lagi dalam beberapa hari mendatang. “Hari ini akan menjadi kelegaan – kelegaan psikologis tetapi bukan yang kita butuhkan,” katanya.

(foto)
Petir yang disebabkan oleh api di New South Wales, terlihat dari penerbangan pada 5 Januari 2020.

Pengangkut bendera Australia Qantas membatalkan semua penerbangan ke dan dari ibu kota negara itu, Canberra, pada hari Minggu karena asap dan kondisi cuaca berbahaya.

Seorang penumpang maskapai melihat awan besar yang disebabkan oleh kebakaran di atas NSW selama penerbangan dari Sydney ke Melbourne pada hari Minggu. Mereka adalah awan pyrocumulonimbus – badai petir yang disebabkan oleh api – yang terbentuk ketika udara panas naik dari api yang berasal dari darat, menurut ahli meteorologi CNN. Udara mendingin dan mengembun saat naik, menyebabkan awan terbentuk.

“Proses ini mirip dengan pengembangan badai petir,” kata Derek Van Dam dari CNN Weather. “Dengan demikian, bentuk downdraft di dalam dasar awan pyrocumulonimbus, memungkinkan bara diambil dan dibawa untuk membentuk api baru.”

(galeri foto)

Di negara bagian tetangga, Victoria, tiga kebakaran telah bergabung membentuk satu kobaran api yang lebih besar dari wilayah New York di Manhattan. Kebakaran bergabung pada Jumat malam di wilayah Omeo, menciptakan api 6.000 hektar (23 mil persegi), menurut Departemen Lingkungan, Tanah, Air dan Perencanaan Gippsland.

Canberra memecahkan rekor panas selama 80 tahun, mencapai 44 derajat Celcius (111 derajat Fahrenheit) pada Sabtu sore, menurut Biro Meteorologi negara itu. Di pinggiran Penrith, Sydney barat, merkuri naik hingga 48,9 derajat Celsius (120 derajat Fahrenheit) – menciptakan rekor baru untuk seluruh cekungan Sydney.

Victoria telah menyatakan keadaan bencana, dan NSW telah menyatakan keadaan darurat – keduanya memberikan kekuatan luar biasa dan sumber daya tambahan pemerintah untuk memerangi kebakaran.

Itu menandai pertama kali Victoria mengaktifkan kekuatan-kekuatan ini sejak kebakaran Black Saturday 2009, bencana kebakaran hutan paling mematikan yang pernah tercatat di Australia dengan 173 orang tewas dan 500 lainnya luka-luka.

Berbicara pada konferensi pers hari Minggu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan itu adalah malam yang sulit di seluruh negeri – khususnya di NSW, Victoria dan Australia Selatan.

Morrison – yang pada Desember menghadapi kritik karena berlibur ke Hawaii selama kebakaran – mengatakan respons pemerintah adalah yang paling signifikan dan komprehensif terhadap bencana alam.

(foto)
Lansekap yang menakutkan dan dipenuhi asap di Pambula, New South Wales, pada 5 Januari 2020.

“Saya percaya di situlah kita perlu memusatkan perhatian kita, dan kami berusaha untuk mengomunikasikannya secara langsung kepada warga Australia untuk memastikan mereka mendapat kenyamanan bahwa responsnya sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

“Tentu ada banyak komentar, ada banyak kritik. Saya mendapat manfaat dari banyak analisis pada banyak masalah. Tapi saya tidak bisa terganggu oleh itu, dan publik, saya tahu, adalah tidak terganggu oleh itu.

“Apa yang mereka butuhkan untuk kita fokuskan, kita semua sebenarnya, kita semua memusatkan perhatian pada kebutuhan di sana dan mendapatkan dukungan ke mana harus pergi. Di situlah fokus saya, dan di sanalah ia akan terus berlanjut.”

Dalam rilis berita pada hari Minggu, Angkatan Pertahanan Australia (ADF) mengatakan pihaknya secara signifikan meningkatkan dukungannya dalam memerangi kebakaran besar dan telah memanggil 3.000 pasukan cadangan tentara dan yang lainnya dengan kemampuan spesialis.

(foto)
Seorang prajurit tentara Australia membantu orang mengungsi ke helikopter Black Hawk di Omeo, Victoria pada 5 Januari 2020.

Mereka juga akan menyediakan pesawat terbang, kapal dan kapal terbesarnya, HMAS Adelaide, dengan kemampuan pendaratan helikopter.

Salah satu prioritas ADF adalah membantu evakuasi orang-orang di komunitas terpencil. HMAS Adelaide tiba di lepas pantai Eden pada hari Minggu ketika evakuasi terjadi di sana.

Beberapa pangkalan ADF akan dibuka untuk menampung mereka yang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran. Pasukan juga akan membantu memindahkan material dan pasokan, mendukung pusat pemulihan, dan membantu dalam pembersihan jejak api.

Selandia Baru dan Singapura juga telah menawarkan dukungan militer, dan ADF menilai di mana mereka dapat membantu, kata rilis berita itu.

Anggota keluarga kerajaan Inggris mengirim “pikiran dan doa” mereka ke Australia yang terkena dampak kebakaran hutan besar-besaran melalui akun media sosial pada hari Sabtu. Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip mengeluarkan pesan belasungkawa yang menyatakan terima kasih kepada layanan darurat. “Saya sangat sedih mendengar kebakaran hutan yang terus berlanjut dan dampaknya yang menghancurkan di banyak bagian Australia,” tulis sang Ratu dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di Twitter.

Di akun Instagram mereka, Duke dan Duchess of Cambridge mengatakan mereka “terkejut dan sangat sedih” oleh “api yang menghancurkan rumah, mata pencaharian dan satwa liar di banyak bagian Australia,” memposting foto kangguru dengan bangunan terbakar di Latar Belakang.

Sementara itu, Duke dan Duchess of Sussex mendesak dukungan bagi mereka yang terkena dampak krisis lingkungan dalam posting Instagram yang menghubungkan ke sejumlah penggalang dana Australia, seperti Palang Merah Australia, Otoritas Kebakaran Negara, dan Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales.

Anna Coren dari CNN, Nectar Gan, Jennifer Hauser, Angus Watson, Susanna Capelouto dan Martin Goillandeau berkontribusi melaporkan.”

Google Translate Chrome extension.

======

REFERENSI

* AFP: “Foto-foto ini telah beredar dalam laporan sejak September 2018, satu tahun sebelum kebakaran hutan Australia 2019 dimulai”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2tCsLeM / http://archive.md/gjblo (arsip cadangan).