[SALAH] Penemuan Sabu di Dalam Nanas Terjadi di Indonesia

Melalui media sosial Facebook dan pesan berantai Whatsapp, beredar sebuah video yang menunjukkan obat terlarang jenis sabu ditemukan di dalam buah nanas. Dalam video yang beredar, terdapat narasi yang menyebutkan jika kejadian tersebut terjadi di Indonesia. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, tidak benar bahwa peristiwa dalam video tersebut terjadi di Indonesia.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

Sudah segini rusak dan beraninya warga atau bangsa lain lain mengirimkan racun untuk bangsa Indonesia sampai sebegitu jahatnya mereka untuk anak negeri ini ya Allah ya Allah hancurkanlah negara yang menjalimi umat Islam di Indonesia ini.

Posted by Herry Fathur Rahman on Saturday, September 8, 2018

===

NARASI: Nanas illegal isinya sabu2 yg dikemas. Nanas buatan berhasil diamankan BNN dan Mabes Polri

Sudah segini rusak dan beraninya warga atau bangsa lain lain mengirimkan racun untuk bangsa Indonesia sampai sebegitu jahatnya mereka untuk anak negeri ini ya Allah ya Allah hancurkanlah negara yang menjalimi umat Islam di Indonesia ini.

===

PENJELASAN: Sebuah video dengan klaim penemuan obat terlarang jenis sabu yang disembunyikan di dalam buah nanas terjadi di Indonesia. Terlihat di dalam video beberapa orang petugas tengah memeriksa dan kemudian membanting nanas temuannya yang di dalamnya sudah disembunyikan narkotika jenis sabu.

Namun narasi yang disebarkan oleh penyebar video yang menyatakan bahwa insiden tersebut terjadi di Indonesia adalah tidak benar. Pasalnya belakangan diketahui bahwa tidak benar jika video penemuan sabu di dalam nanas terjadi di Indonesia. Melihat dari beberapa unggahan melalui situs berbagi video Youtube, video serupa diunggah pada 27 Agustus 2018 oleh akun resmi VOA News.

Dalam informasi yang disertakan oleh VOA News, peristiwa tersebut merupakan petugas kepolisian Spanyol yang berhasil  menemukan 67 kilogram narkotika jenis sabu yang disembunyikan di dalam buah nanas. Dari kejadian tersebut, kepolisian setempat berhasil menangkap tujuh orang di dua daerah berbeda yakni di Madrid dan Barcelona.

Dari hasil penemuan fakta, maka dapat disimpulkan bahwa tidak benar video tersebut terjadi di Indonesia. Video yang beredar baik di Facebook ataupun Whatsapp telah melewati proses penyuntingan oleh pihak tidak bertanggung jawab dengan menyebut bahwa peemuan sabu di dalam nanas terjadi di Indonesia.

===

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/1238531/hoaks-video-sabu-dalam-nanas-terjadi-di-indonesia
https://www.independent.co.uk/life-style/cocaine-pineapples-madrid-police-found-spain-portugal-a8510791.html