[SALAH] Sri Sultan Hamengku Buwono X Katakan Cina dan Keturunannya Tidak Pantas Jadi Pemimpin di Bumi Nusantara dan Fakta Sejarah, Tionghoa adalah Satu-satunya Penghianat NKRI

Postingan akun Facebook Harimau Sumatera atau @dormeng.meng.5 yang menayangan screenshot atau potongan gambar dari salah satu web (namanya tertera dalam screenshot) yang berjudul “SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO : MAAF BUKAN SARA, TAPI CINA DAN KETURUNANNYA TIDAK PANTAS JADI PEMIMPIN DI BUMI NUSANTARA. FAKTA SEJARAH, TIONGHOA ADALAH SATU-SATUNYA PENGHIANAT NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI),” adalah tidak benar adanya. “Itu tidak betul, wong saya tidak pernah bicara itu,” ungkap Sri Sultan, Rabu (19/4/2017).


Polda DIY sudah menangkap pelaku berdasarkan laporan yang dilakukan oleh Sri Sultan. Pelaku adalah warga Sumsel berinisial RNM, 25 tahun. Atas perbuatan tersebut, tersangka RNM melanggar Pasal 27 UU No.11/2008 dengan ancaman hukum enam tahun penjara dan denda Rp. 1 miliar.


Diketahui foto Sri Sultan yang disematkan dan diunggah kembali oleh akun @dormeng.meng.5 adalah hasil karya Jurnalis Liputan 6 yakni Fathi Mahmud yang digunakan dalam artikel “Sultan HB X: Gunakan Hak Pilih Sebaik-baiknya”.


========


KATEGORI: False Content


========


SUMBER: Media Sosial Facebook


========


NARASI:


“SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO : MAAF BUKAN SARA, TAPI CINA DAN KETURUNANNYA TIDAK PANTAS JADI PEMIMPIN DI BUMI NUSANTARA. FAKTA SEJARAH, TIONGHOA ADALAH SATU-SATUNYA PENGHIANAT NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI),” posting akun Facebook Harimau Sumatera atau @dormeng.meng.5, Senin (30/12/2019).


=======


PENJELASAN:


Akun Facebook Harimau Sumatera atau @dormeng.meng.5 mengunggah screenshot atau potongan gambar yang diambil dari salah satu web (namanya tertera dalam screenshot) dengan judul artikel “SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO : MAAF BUKAN SARA, TAPI CINA DAN KETURUNANNYA TIDAK PANTAS JADI PEMIMPIN DI BUMI NUSANTARA. FAKTA SEJARAH, TIONGHOA ADALAH SATU-SATUNYA PENGHIANAT NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI),” pada Senin (30/12/2019).


Unggahan akun @dormeng.meng.5 tersebut, ketika artikel ini dibuat sudah direspon 864 kali dengan 191 komentar dan dibagikan sekitar 2 ribu kali. Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, ketika diketikan judul tersebut, tidak muncul dalam pemberitaan media daring dan situsnya pun sudah tidak dapat diakses.


Diketahui unggahan akun @dormeng.meng.5 adalah tidak benar, “Itu tidak betul, wong saya tidak pernah bicara itu,” ungkap Sri Sultan, Rabu (19/4/2017). Dan Sri Sultan pun sudah melaporkannya ke Kepolisan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Tidak menunggu waktu lama, sekitar seminggu dari laporan Sri Sultan, Polda DIY berhasil menangkap penyebar berita hoax yang mengutip Gubernur DIY Sri Sultan HB X, pada Rabu (26/4/2017) lalu.


Pelaku adalah warga Sumatra Selatan (Sumsel) berinisial RNM, 25 tahun. Tersangka ditangkap di tempat tinggalnya di Sumsel. Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri menjelaskan dari hasil pemeriksaan, motif pelaku adalah ekonomi agar laman miliknya semakin banyak dikunjungi. Dengan demikian, iklan yang masuk juga semakin banyak.


“Yang hoax-nya dia yang membuat, dia ambil dari beberapa konten dipotong-potong. Seolah-olah itu bahasanya Pak Gubernur (DIY),” tegasnya di Yogyakarta, Jumat (28/4.2017).


Dari hasil penyelidikan, banyak warga di kampung tempat tinggal tersangka yang membuat blog kemudian mendapatkan penghasilan dari iklan.


Beberapa barang bukti yang disita, antara lain ponsel, sebuah laptop, dan beberapa kartu seluler. Barang bukti berupa laptop telah diuji laboratorium forensik. Hasilnya, laptop tersebut menjadi alat untuk mengunggah berita hoax yang menyudutkan Sri Sultan HB X.
Atas perbuatan tersebut, tersangka RNM melanggar Pasal 27 UU No.11/2008 dengan ancaman hukum enam tahun penjara dan denda Rp. 1 miliar.


Terakhir, foto yang digunakan dan diunggah kembali oleh akun @dormeng.meng.5 adalah hasil karya Jurnalis Liputan 6 yakni Fathi Mahmud dan digunakan dalam artikel “Sultan HB X: Gunakan Hak Pilih Sebaik-baiknya”.


=======


REFERENSI:


1. https://archive.md/9Ks82 2.https://www.facebook.com/groups/998810443641513/permalink/1257359231119965/

3.https://jogja.tribunnews.com/2017/04/19/inilah-isi-tulisan-hoax-yang-dilaporkan-sri-sultan-hamengku-buwono-x

4. https://nusantara.medcom.id/jawa-tengah/peristiwa/zNPdEaXN-sri-sultan-hb-x-laporkan-metronews-tk-ke-polisi

5. https://mediaindonesia.com/read/detail/102609-penyebar-berita-hoax-sultan-hb-x-ditangkap

6. https://www.liputan6.com/pilkada/read/2384099/sultan-hb-x-gunakan-hak-pilih-sebaik-baiknya

facebook.com/groups/fafhh/permalink/1078166212515913/