[SALAH] Air Liur Dari Terompet Dapat Sebarkan Penyakit Berbahaya

Jelang perayaan tahun baru, kembali beredar informasi seputar penyebaran penyakit berbahaya yang ditularkan melalui air liur yang tersisa di terompet. Penyakit yang ditularkan tersebut diantaranya adalah TBC, meningitis dan hepatitis. Dari hasil penelusuran yang dilakukan, ahli kesehatan menyatakan bahwa tidak benar

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK dan PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Kisah Menjijikkan terompet Tahun Baru ..🤮🤮🤮

Penyakit yang dapat di tularkan melalui air liur ..

✅ TBC

✅ Influenza

✅ Meningitis

✅ Pneumonia

✅ Hepatitis B

Jaga anak² dan keluarga anda dari penularan penyakit berbahaya ..

“Air liur, mau di coba coba ? ” 🤮

Selamat tahun BARU smuaxa……

===

PENJELASAN: Jelang tahun baru, kembali muncul informasi baik melalui media sosial Facebook dan juga pesan berantai Whatsapp seputar penularan penyakit berbahaya melalui air liur yang tersisa di terompet. Dalam narasi yang beredar, terdapat beberapa penyakit berbahaya yang bisa ditularkan akibat air liur yang menempel pada terompet. Penyakit-penyakit tersebut seperti halnya TBC, Influenza, Meningitis, Pneumonia dan Hepatitis B.

Si pembuat informasi juga menghimbau masyarakat untuk menjaga anak-anak dan keluarga masing-masing agar tidak tertular penyakit tersebut. Berdasarkan ahli kesehatan, tidak dibenarkan bahwa penyakit yang disebutkan dalam narasi tersebut bisa ditularkan melalui air liur. Melansir dari liputan6.com, Dekan Fakultas Universitas Indonesia Prof Ari F Syam pun memberikan penjelasan.

Prof Ari mengakui bahwa penyakit memang mungkin ditularkan dari mulut. Namun ia memberikan bantahan terkait terompet tahun baru dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti halnya kanker mulut, hepatitis, HIV, TBC dan kanker lidah.

“Kanker termasuk kanker mulut, lidah atau kanker darah tidak dapat menular dari satu orang ke orang lain,” jelas Prof Air Syam.

Senada dengan Prof Ari, pernyataan lain juga di dapat dari dr. Arief Wijaya Rosli yakni dokter Poli Respirologi Anak RSU Haji Surabaya. Melansir dari kumparan.com dokter Arief membantah terkait narasi yang menyebut terompet tahun baru dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker mulut, hepatitis, HIV, TBC dan kanker lidah.

“Kanker mulut atau lidah tidak dapat menular dari satu orang ke orang lain. Kanker mulut disebabkan virus yang dinamakan virus Human Papilloma (HPV). Virus ini memang bisa menyebabkan kanker lidah, kanker amandel atau kanker tenggorokan. Namun penularan virusnya melalui aktivitas seksual, misalnya oral seks,” jelas dr. Arief.

Orang yang meniup terompet secara bergantian menggunakan terompet yang sama tidak dapat tertular infeksi tersebut. Demikian juga penularan virus HIV yang melalui hubungan seksual, jarum suntik, atau transfusi darah. Sedangkan untuk penyakit TBC, kata dokter Arief, ditularkan dari satu orang kepada orang lain bukan melalui kontak yang singkat.

“Untuk penularan TBC butuh kontak yang lama dan terus menerus. Selain itu, kuman ini ditularkan melalui udara, bukan langsung dari air liur seperti misal setelah meniup terompet,” pungkasnya.

===

REFERENSI:

https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/penting-fakta-dan-hoaks-penyakit-akibat-meniup-terompet-tahun-baru-1sXphcv5e9L
https://www.liputan6.com/news/read/3860421/terompet-tahun-baru-jadi-sumber-penyakit-mematikan-hoaks-atau-fakta?utm_source=FB&utm_medium=Post&utm_campaign=FBnews_rdks#
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4365317/soal-hoax-terompet-tularkan-penyakit-para-ahli-angkat-bicara?utm_content=detikhealth&utm_term=echobox&utm_medium=oa&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_source=Facebook&fbclid=IwAR18_P_KBtWiZE-mXKLsnZx44WoHkLNAcMY4RMlkGHzN7RDNz88SR-SLgHA#Echobox=1546234053