[SALAH] Jokowi Halal Dilengserkan

Postingan akun Facebook Dormeng Meng atau @dormeng.meng.5 yang berisi foto Presiden Jokowi dan digabungkan dengan logo MUI dengan narasi “HALAL DILENGSERKAN” dapat masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Diketahui foto Presiden Jokowi yang diposting tersebut aslinya adalah karya dari AFP PHOTO/MOHD RASFAN dan logo MUI yang disematkan adalah logo dari LPPOM MUI.

=====

KATEGORI: Misleading Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Manusia yg gk punya nilai dn kuwalitas gk pantas mnjdi apapun di negeri ini..,” posting akun Facebook Dormeng Meng atau @dormeng.meng.5, Senin (23/12).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Dormeng Meng atau @dormeng.meng.5 menayangkan foto Presiden Jowo Widodo (Jokowi) dan logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tulisan “HALAL DILENGSERKAN”. Dalam postingan tersebut ditambahkan narasi “Manusia yg gk punya nilai dn kuwalitas gk pantas mnjdi apapun di negeri ini..,” posting akun Facebook Dormeng Meng atau @dormeng.meng.5, Senin (23/12).

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, diketahui gambar yang diposting oleh akun @dormeng.meng.5 adalah suntingan atau editan.

Diketahui foto Presiden Jokowi yang ditayangkan akun @dormeng.meng.5 adalah foto dari AFP PHOTO/MOHD RASFAN yang dapat ditemui pada media daring merdeka.com dan beritasatu.com.

Sedangkan logo MUI diambil dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat – obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI yang dapat dilihat pada situs halalmui.org/mui14/.

=====

REFERENSI:

1. https://archive.md/M7NQ7
2.https://www.facebook.com/groups/998810443641513/permalink/1250856941770194/
3.https://www.merdeka.com/peristiwa/cerita-kepala-daerah-bingung-panggil-joko-widodo-atau-jokowi.html
4. https://www.beritasatu.com/kesehatan/273568/presiden-jokowi-ground-breaking-rs-ridwan-meuraksa
5. halalmui.org

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1069302240068977/