[BERITA] Kemenpan RB: Tidak Ada Pengangkatan CPNS Jalur Indonesia Sehat

Atas munculnya kabar yang menyebutkan adanya pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur Indonesia Sehat di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberi tanggapannya. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HKIP) Kemenpan RB, Andi Rahadian menegaskan, Kemenkes tidak memiliki program pengangkatan CPNS Jalur Indonesia Sehat. “Sudah dikonfirmasi, Kementerian Kesehatan tidak memiliki program pengangkatan CPNS jalur Indonesia Sehat,” ungkapnya.

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Penjelasan:

Sempat muncul informasi yang menyebutkan adanya pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur Indonesia Sehat di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dalam informasi yang beredar dikatakan bahwa ada sejumlah uang yang diminta untuk mengikuti program tersebut.

Pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pun angkat bicara lantaran sudah masuk laporan kepada instansinya. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HKIP) Kemenpan RB, Andi Rahadian menegaskan, Kemenkes tidak memiliki program pengangkatan CPNS Jalur Indonesia Sehat.

“Sudah dikonfirmasi, Kementerian Kesehatan tidak memiliki program pengangkatan CPNS jalur Indonesia Sehat,” ungkapnya.

Dalam informasi yang beredar, Andi mengatakan, peserta diminta untuk menyiapkan uang sebesar Rp250.000.000. Saat ini, peserta tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) untuk dibagikan. Menurut dia, oknum dalam kasus ini mengatasnamakan Mona sebagai staf dari Kementerian Kesehatan dan pengumpul dana atas nama Iksan di Palembang, Sumatra Selatan.

Andi menegaskan, pemerintah tidak memungut biaya dalam bentuk apapun kepada peserta terkait penerimaan CPNS. “Pemerintah tidak memungut biaya dalam bentuk apapun kepada peserta dan tidak menjanjikan kelulusan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan bahwa program yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan adalah Nusantara Sehat. Program ini merupakan program khusus untuk pemenuhan tenaga kesehatan di daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK).

Peserta Nusantara Sehat, katanya, tetap diharuskan melalui seleksi dan tidak otomatis diangkat menjadi CPNS.

“Jika mendapatkan informasi terkait proses seleksi CPNS dan dirasa tidak wajar, harap untuk selalu waspada dan konfirmasi dengan Kementerian PANRB terlebih dahulu,” pungkasnya.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1060408144291720/

https://menpan.go.id/site/berita-terkini/tidak-ada-pengangkatan-cpns-jalur-indonesia-sehat

https://nasional.sindonews.com/read/1471963/15/kemenpan-rb-tegaskan-tak-ada-pengangkatan-cpns-jalur-indonesia-sehat-1576520263

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191217074102-20-457575/kemenpan-rb-ungkap-penipuan-tes-cpns-jalur-indonesia-sehat

https://www.inews.id/news/nasional/kemenpan-rb-tidak-ada-pengangkatan-cpns-jalur-indonesia-sehat

https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01326249/pengangkatan-cpns-jalur-indonesia-sehat-adalah-hoaks-oknum-mengatasnamakan-mona-sebagai-staf-kementerian-kesehatan

https://www.galamedianews.com/nasional/242065/cpns-jalur-indonesia-sehat-kemenkes-ri-hoaks.html