[SALAH] “Megawati: Jauhi Anak Dari Agama Jika Besarnya Nanti Hanya Untuk Membunuh Orang”

Beredar sebuah artikel yang disebarkan melalui blogspot operainf.blogspot.com dengan judul ‘Megawati: Jauh Anak Dari Agama Jika Besarnya Nanti Hanya Untuk Membunuh Orang’. Artikel tersebut muncul pada 11 Desember 2019 melalui situs blogspot yang bernama operainf.blogspot.com. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, tidak ditemukan pernyataan dari Megawati yang menghimbau agar anak dijauhkan dari agama seperti halnya judul yang diberikan oleh artikel operainf.blogspot.com.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MISSLEADING CONTENT

===

SUMBER: BLOGSPOT

===

NARASI:

===

PENJELASAN: Beredar sebuah artikel melalui blogspot dengan judul ‘Megawati:Jauhi Anak Dari Agama Jika Besarnya Nanti Hanya Untuk Membunuh Orang’. Artikel tersebut beredar melalui blogspot yang diberi nama operinf.blogspot.com dan diterbitkan sejak 11 Desember 2019. Namun jika melihat dari isi artikel tersebut, tidak ditemukan pernyataan dari Megawati seperti halnya yang tertera di judul artikel.

Jika dibaca, isi dari artikel blogspot tersebut merupakan isi pidato Megawati saat membuka Workshop Wawasan Kebangsaan untuk para Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Sosial pada 9 Desember 2019. Adapun sebagian besar isi dari artikel tersebut adalah menyinggung maraknya aksi-aksi teroris dengan target kelompok yang berbeda agama.

Dalam pemeriksaan lebih lanjut, melalui mesin pencarian google.com belakangan diketahui bahwa isi artikel yang terdapat dalam artikel operainf.blogspot.com sama dengan artikel yang diterbitkan oleh kumparan pada 9 Desember 2019. Kumparan menerbitkan artikel dengan judul ‘Megawati: Ajari Anak Bukan Hanya Agama, Lalu Sudah Besar Bunuh Orang”. Judul tersebut diambil dari pidato Megawati yang tercantum pada paragraph ketiga milik kumparan.

Jika dibaca hingga akhir artikel, tidak ditemukan adanya kutipan atau pernyataan Megawati yang menyebut “jauhi anak dari agama” sebagaimana yang dituliskan dalam judul yang dibuat oleh operainf.blogspot.com. Jadi bisa disimpulkan bahwa judul yang diberikan oleh operainf.blogspot.com tidak sesusai dengan fakta atau bahkan menyesatkan yang tentunya bisa menggiring opini serta menimbulkan tafsir yang salah.

===

REFERENSI:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/519/fakta-atau-hoaks-benarkah-megawati-imbau-agar-anak-dijauhkan-dari-agama
https://kumparan.com/kumparannews/megawati-ajari-anak-bukan-hanya-agama-lalu-sudah-besar-bunuh-orang-1sPaSrT8pKz
https://web.archive.org/web/20191212155332/https://operainf.blogspot.com/2019/12/megawati-jauhi-anak-dari-agama-jika.html?fbclid=IwAR3Xu86Dc2d-44Xy4tl-eNRk1rIgNLpo_MzxtMifyYRBUoTGS3Kr8pGcouw