[SALAH] “UYM Sindir UAS: Menceraikan Istri Sama Halnya Kedzaliman”

Artikel suntingan. Situs merdekaind menambahkan komentar Yusuf Mansur soal perceraian dalam Islam. Yusuf Mansur pun mengklarifikasi kabar palsu itu lewat unggahan di Instagram pada 6 Desember 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Beredar artikel dari situs merdekaind[dot]blogspot.com yang diberi judul “UYM Sindir UAS: Menceraikan Istri Sama Halnya Kedzaliman”.
Di artikel tersebut, berisi kutipan singkat dari mantan istri UAS lewat medsos dan pernyataan pengacara UAS. Namun,situs merdekaind menambahkan komentar Yusuf Mansur soal perceraian dalam Islam.

“Menanggapi hal ini, Ustadz Yusuf Mansur angkat bicara, beliau mengatakan secara umum, perceraian, tidak diinginkan dalam islam.”

Sumber : https://perma.cc/6PT4-JFKT (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Setelah ditelusuri, isi berita yang diunggah blog Merdekaind mencopot dari portal berita lain. Versi asli berita tersebut berjudul Heboh UAS Cerai. Diunggah portal hot.detik.com pada 5 Desember 2019.

Berikut isi lengkap artikel beritu tersebut;

Jakarta – Berita Ustaz Abdul Somad atau UAS cerai dengan Mellyana Juniarti menjadi topik hangat pada Rabu (3/12) malam. Kabar tersebut pun sudah dibenarkan oleh mantan istri UAS yakni Mellyana di akun instagramnya.
“Iya bulan Juli (masuk) baru putus kemarin. Ya, kan mediasi dulu. Ada beberapa kali mediasi, nggak berhasil makanya diproses,” jelas Hasan Basri kepada detikcom, Rabu (4/12/2019).

Saat putusan dibacakan oleh majelis hakim, UAS diwakili oleh tim kuasa hukumnya. Sedangkan Mellya sempat terlambat datang.

“Kemarin itu istrinya lambat datang, sudah setengah 12, datang terlambat. Kemudian kami masuk jadi tetap dibacakan oleh hakim,” bebernya.

“(UAS) nggak (datang) dikuasakan ke kami,” tambahnya.

Hasan Basri pun tak bisa memberikan lebih rinci apa yang menyebabkan perceraian UAS dan istrinya. Menurutnya itu adalah masalah pribadi dan tertutup untuk umum.

“Itu nanti saja dengan UAS. Ini kan perceraian, ini tertutup untuk umum, sebatas itu saja informasinya,” katanya.
Saat ditanya oleh para netizen, ia mengaku jika gugutan dilayangkan oleh pihak UAS.

“Yang menggugat beliau, confirm saja sama beliau ya. Makasih,” ujarnya.
Awalnya beredar kabar jika UAS cerai melalui Pengadilan Agama Bangkinang, Riau. Berdasarkan penelusuran tim detikcom diketahui lewat website resminya, pa-bakinang.go.id, diketahui jika Ustaz Abdul Somad atau UAS mengajukan permohonan gugatan cerai sejak tanggal 12 Juli 2019.

Kuasa hukum UAS, Hasan Basri pun mengiyakan kabar tersebut saat dikonfirmasi tim detikcom.

Blog Merdekaind menambahkan komentar Yusuf Mansur soal perceraian dalam Islam. Yusuf Mansur pun mengklarifikasi kabar palsu itu lewat unggahan di Instagram pada 6 Desember 2019. ’’Sering banget blog ini bikin hoax. Alhamdulillaah. Semoga Allah memaafkan saya,” tulisnya.

REFERENSI
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/10/12/2019/produsen-hoax-benturkan-ustad-yusuf-mansur-dengan-ustad-abdul-somad/
https://hot.detik.com/celeb/d-4810184/heboh-uas-cerai
https://www.instagram.com/p/B5uZ-9Lla3S/

About Adi Syafitrah 443 Articles
noob, nerd,