[SALAH] Prof. Taruna Ikrar : “Ahok termasuk pemimpin di Indonesia yang perlu diobservasi otaknya.”

Hoaks lama beredar kembali. Pada tahun 2016, Prof Taruna, menyatakan bahwa keterangan terkait dengan Ahok memiliki tujuh faktor negatif tidak benar adanya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten Palsu
=============================================

Akun IndiGo SinghAyu (http://fb.com/100037327542352) mengunggah tangkapan layar dari artikel yang dimuat di situs suaranasional.com yang berjudul “Dokter Asal Amerika Ini Nilai Ahok dan Pendukungnya Alami Masalah di Otak”

“Prof. Taruna Ikrar, guru besar Neurobiologi – Universitas California – Amerika Serikat, calon penerima nobel, setelah mengamati perilaku dan retorika Ahok selama menjabat Gubernur Jakarta, menyatakan, dari sudut pandang neurosains, Ahok termasuk pemimpin di Indonesia yang perlu diobservasi otaknya.”

Narasi selengkapnya di : http://archive.md/RhEq9 (Arsip)
Artikel : http://archive.ph/TlcZr (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Klaim ini sebenranya adalah hoaks lama yang sudah dibantah oleh Prof Dr Taruna Ikrar pada tahun 2016.

Terkait sejumlah situs online yang menyertakan namanya, Prof Taruna, menyatakan bahwa keterangan terkait dengan Ahok memiliki tujuh faktor negatif tidak benar adanya.

Berikut bantahan Prof Dr Taruna Ikrar Kepala Riset Otak di University of California, melalui pesan elektronik yang diterima redaksi wartakesehatan.com, Senin (1/8/16).

“Terkait sejumlah situs online yang menyertakan nama saya dalam berita/artikelnya terkait sosok Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan pendukungnya mengalami masalah otak, bersama ini saya menyampaikan klarifikasi bahwa saya tidak pernah menyatakan/menulis hal seperti itu.”

“Tulisan/Berita tersebut telah menyampaikan informasi yang tidak benar dan berpotensi untuk menyesatkan opini publik serta mengandung fitnah (Rasisme and Diskriminatif) yang mencemarkan nama baik saya.”

“Saya berharap agar masyarakat tidak terpancing dan bijak menanggapi serta menyikapi setiap informasi yang disampaikan lewat sumber berita online atau media sosial.”

Sebagai klarifikasi, bahwa tulisan tersebut, “BUKAN PERNYATAAN SAYA”
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalam,
Prof Dr Taruna Ikrar

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2017/02/22/hoax-prof-taruna-ikrar-ahok-alami-masalah-pada-otak/
https://wartakesehatan.com/64315/prof-dr-taruna-ikrar-bantah-pernyataan-ahok-perlu-observasi-otak
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4126983/cek-fakta-hoaks-taruna-ikrar-sebut-ahok-dan-pendukungnya-alami-masalah-otak

About Adi Syafitrah 882 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo