[SALAH] “KERAJAAN ARAB SAUDI TETAPKAN: HRS KETURUNAN RASULULLAH SAW KE-38”

Hoaks lama beredar kembali. Salah satu situs yang pernah dijadikan sumber klaim itu, Dakwah Media, telah menyatakan bahwa isi artikelnya tersebut hoaks. Selain itu, tidak ditemukan adanya pernyataan resmi dari pemerintah Arab Saudi maupun pemberitaan di media arus utama mengenai telah ditetapkannya Rizieq sebagai keturunan ke-38 Nabi Muhammad.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten Palsu
=============================================

Akun MamaNya Mia (fb.com/mamanya.mia.589) mengunggah gambar ke grup CINTAI AKU KARENA ALLAH (fb.com/groups/963653484014551) dengan narasi :

“*KERAJAAN ARAB SAUDI TETAPKAN: HRS KETURUNAN RASULULLAH SAW KE-38*
Imam Besar Ummat Islam Assayyid Ad-Da’i ilallaah Al-arifbillaah Habib Muhammad Rizieq Shihab dinyatakan & ditetapkan oleh Pemerintahan Arab Saudi melalui Juru Bicara Kerajaan Raja Salman,, beliau HRS ditetapkan sebagai *Keturunan Habiballaah Rasulullah Muhammad SAW ke- 38..* beliau mendapat seluruh fasilitas kebutuhan kehidupan dunia untuk dipergunakan sepuasnya & dilayani oleh Kerajaan Arab Saudi (termasuk HRS boleh tinggal di Saudi sesuka keinginannya) ,,, maa sya Allah.”

NARASI selengkapnya di bagian PENJELASAN dan SUMBER
Sumber : http://archive.md/3uG4b (Arsip) – Sudah dibagikan 197 kali saat tangkapan layar diambil.

Selain diunggah oleh akun-akun Facebook, informasi ini juga dimuat oleh situs Ayo Jalan Terus. Judul dan isi artikel di situs tersebut sama dengan judul dan isi unggahan akun MamaNya Mia di atas. Dalam situs ini, dimuat juga foto yang memperlihatkan Rizieq Shihab bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Sumber : https://perma.cc/7N8J-37CJ (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Untuk memeriksa klaim di atas, Tim CekFakta Tempo menelusuri pemberitaan di media arus utama serta informasi resmi dari pemerintah Arab Saudi dengan memasukkan berbagai kata kunci di mesin pencarian Google.

Hasilnya, tidak ditemukan adanya pernyataan resmi dari pemerintah Arab Saudi maupun pemberitaan di media arus utama mengenai telah ditetapkannya Rizieq Shihab sebagai keturunan ke-38 Nabi Muhammad.

Berdasarkan penelusuran Tempo, informasi bahwa Arab Saudi menetapkan Rizieq sebagai keturunan ke-38 Nabi Muhammad mulai beredar sejak 2018. Dikutip dari situs JPNN.com, informasi itu kebanyakan bersumber dari artikel di situs Dakwah Media.

Dalam artikel dengan judul “Kerajaan Arab Saudi Tetapkan Habib Rizieq sebagai Keturunan ke-38 Rasulullah” yang dimuat pada 21 Januari 2018 itu, Dakwah Media mencantumkan foto Rizieq bersama Raja Salman, sama seperti yang ada dalam artikel di situs Ayo Jalan Terus.

Faktanya, foto itu tidak asli, melainkan hasil editan seniman olah digital, Agan Harahap. Agan pertama kali mengunggah foto itu di akun Instagram-nya pada Maret 2017. Dalam unggahannya, Agan menulis, “Fanatik sih boleh, tapi logika tetep dipake ya.”

Sementara itu, terkait artikelnya, Dakwah Media pernah membuat pernyataan yang berisi permintaan maaf karena artikel tentang ditetapkannya Rizieq Shihab sebagai keturunan ke-38 Nabi Muhammad adalah hoaks. Dakwah Media menulis, “Kami redaksi Dakwah Media meminta maaf atas posting kami yang terindikasi berita palsu.”

Dikutip dari situs Turnbackhoax.id, Dakwah Media menyebut bahwa informasi mengenai telah ditetapkannya Rizieq Shihab sebagai keturunan ke-38 Nabi Muhammad bersumber dari pernyataan pengacara Rizieq, Eggi Sudjana, pada 10 Oktober 2017.

Dilansir dari Detik.com, Eggi Sudjana memang pernah mengatakan bahwa kebutuhan Rizieq Shihab selama di Arab Saudi dibiayai oleh pemerintah setempat. Rizieq tinggal di Arab Saudi sejak April 2017, pasca terjerat sejumlah kasus, salah satunya dugaan chat mesum.

“Dia kan banyak teman, alumni sana, dan banyak jaringan. Dia sudah dinyatakan keturunan Nabi Muhammad ke-39 apa berapa gitu. Nasab (garis keturunan) sudah jelas. Menurut pemerintahan Kerajaan Saudi, kalau dia nasab sampai ke Rasulullah, dijamin semua oleh pemerintah itu,” kata Eggi.

Berikut ini narasi lengkap yang dibagikan akun MamaNya Mia:
“*KERAJAAN ARAB SAUDI TETAPKAN: HRS KETURUNAN RASULULLAH SAW KE-38*
Imam Besar Ummat Islam Assayyid Ad-Da’i ilallaah Al-arifbillaah Habib Muhammad Rizieq Shihab dinyatakan & ditetapkan oleh Pemerintahan Arab Saudi melalui Juru Bicara Kerajaan Raja Salman,, beliau HRS ditetapkan sebagai *Keturunan Habiballaah Rasulullah Muhammad SAW ke- 38..* beliau mendapat seluruh fasilitas kebutuhan kehidupan dunia untuk dipergunakan sepuasnya & dilayani oleh Kerajaan Arab Saudi (termasuk HRS boleh tinggal di Saudi sesuka keinginannya) ,,, maa sya Allah.
*Berikut nasabnya hingga ke Rasulullah S A W*
*NASAB:*
38. *Habib Muhammad Rizieq*
37. *Bin Syihab*
36. *bin Husein*
35. *bin Muhammad*
34. *bin Husein*
33. *bin Abdullah*
32. *bin Husein*
31. *bin Muhammad*
30. *bin Syeikh*
29. *bin Muhammad*
28. *bin Ali*
27. *bin Muhammad*
26. *bin Ahmad Syihabuddin Al*
*Asghar*
25. *bin Abdurrahman Al-Qadhi*
25. *bin Ahmad Syihabuddin Al*
*Akbar*
24. *bin Abdurrahman*
23. *bin Syeikh Ali*
22. *bin Abu Bakar As-Sakran*
21. *bin Abdurrahman As-Segaf*
20. *bin Muhammad Maulad*
*Daawilah*
19. *bin Ali*
18. *bin Alwi Ibnul Faqih*
17. *bin Muhammad Al-Faqihil*
*Muqaddam*
16. *bin Ali Walidil Faqih*
15. *bin Muhammad Shahib*
*Murbath*
14. *bin Ali Khala’ Qasam*
13. *bin Alwi*
12. *bin Muhammad*
11. *bin Alwi Ubaidillah*
10. *bin Ahmad Al-Muhajir*
9. *bin Isa An-Naqib*
8. *bin Muhammad Djamaluddin*
7. *bin Ali Al-Uraidhi*
6. *bin Ja’far As-Shadiq*
5. *bin Muhammad Al-Baqir*
4. *bin Ali Zainal Abidin*
3. *bin Husein As-Sibth*
2. *bin Ali bin Abi Thalib wa*
*Fathimah Az-Zahra*
1. *binta Rasulullah Muhammad*
*SAW*
Yaa Rabb,, ditengah hujatan, fitnah, caci maki terhadap beliau HRS,, Engkau angkat derajat kemuliaan,, Engkau Tunjukkan Singa Dakwah Penerus Perjuangan Kekasih-MU Nabi Muhammad SAW
*Smoga Allah SWT* senantiasa berikan kesehatan, perlindungan & istiqomah kpd Imam Besar Ummat Islam
Kini Ummat Islam Indonesia harus Ikhlas menerima HRS sebagai Ummat Islam Dunia ,, Inikah Akhir Zaman yg telah dipersiapkan Allah SWT
Smoga kita semua termasuk golongan yg Allah SWT takdirkan untuk tetap bersama di jalannya para Wali-NYA
*Takbiiirr…Allahu Akbaaarrr….!!*

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2018/01/30/hoax-kerajaan-arab-saudi-menetapkan-habib-rizieq-sebagai-keturunan-ke-38-rasulullah/
https://cekfakta.tempo.co/fakta/509/fakta-atau-hoaks-benarkah-rizieq-shihab-telah-ditetapkan-sebagai-keturunan-ke-38-nabi-muhammad-oleh-arab-saudi
https://www.jpnn.com/news/kabar-palsu-soal-habib-rizieq-masih-menyebar
https://www.instagram.com/p/BRQhJcTjfIM/
https://news.detik.com/berita/d-3678454/eggi-sudjana-sebut-biaya-hidup-habib-rizieq-dijamin-pemerintah-arab

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo