[SALAH] “spanduk TNI menyambut hangat untuk para peserta aksi milad 212 besok hari senin”

Bukan spanduk untuk menyambut peserta Reuni 212. Foto tersebut diambil pada acara Aksi Nusantara Bersatu yang diinisiasi oleh TNI dan digelar di Lapangan Monas pada Rabu 30 November 2016.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun Ramzy Art (fb.com/profile.php?id=100041553622213) menunggah sebuah foto dengan narasi :

“Terpampang jlas respek spanduk TNI menyambut hangat untuk para peserta aksi milad 212 besok hari senin di monas.bkan sekedar respek ucapan spanduk aja kawan tapi ada yg luarbiasa para TNI menyiapkan mkanan juga untuk para peserta 212 besok. Trlihat jls aura wajah mereka sangat bahagia ketika saya brjumpa para tni tdi sore..dan akupun tdak segan segan sdikit brcanda sambil bersalaman rasa nyaman pun saya merasakan.

sumpah ak terharu melihat respon para anggota TNI
Smoga atas peduli empatimu menjadi amal ibadah dan berkah wahai TNI ku .dan smoga atas adanya 212 ini mnjalin silaturahmi yg kuat brsama rakyat mnuju masadpan para generasi muda yg akan datang untuk mnjaga alam NKRI ini

TNI MANTAP JIWA.we are with you guys”

Di foto tersebut terdapat narasi :

“SILAHKAN SARAPAN GRATIS …SAUDARAKU…
CUKUP BAYARA DENGAN ALHAMDULILLAH…”

Sumber : https://perma.cc/X6JY-2AQZ (Arsip) – Sudah dibagikan 205 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Setelah dilakukan penelusuran, foto spanduk tersebut adalah foto lama yang diambil pada Rabu, 30 November 2016. Melalui teknik reverse image, foto identik pernah dimuat di Republika melalui artikel berjudul “Ber-Password ‘Alhamdulillah’, Peserta Nusantara Bersatu Sarapan Gratis”.

Pula, Tribunnews mengunggah foto serupa lewat artikel yang dimuat dengan judul “Silakan Sarapan Gratis di Lapangan Silang Monas, Cukup Bayar Dengan Alhamdulillah”.

Faktanya, foto tersebut diambil pada acara Aksi Nusantara Bersatu yang digelar di Lapangan Monas pada Rabu 30 November 2016. Aksi tersebut diinisiasi oleh TNI ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, baik tokoh pemerintah, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Pada acara itu berbagai menu sarapan dijajakan bagi setiap peserta Apel Nusantara Bersatu secara gratis.

Pantauan Liputan6.com di lokasi pukul 06.30 WIB, puluhan bus dan truk TNI sudah berjejer memenuhi halaman Monas. Ratusan tentara, polisi, pelajar, sipil, pasukan oranye dan pelbagai kelompok pemuka agama terlihat hadir dengan atributnya masing-masing.

Selain itu, mereka yang berdatangan kompak hadir memakai ikat kepala merah putih sebagai simbol kenegaraan dan persatuan. Acara apel juga dimeriahkan artis Ibu Kota, seperti Amel Carla dan Aldi ‘CJ R’ yang didaulat menjadi pembawa acara.

Acara menarik lainnya adalah sarapan gratis yang banyak diserbu. Ratusan gerobak makanan keliling seperti bakso, mi ayam, bubur, satai padang, ketoprak, dan lainnya siap mengisi perut para peserta apel yang hadir. Uniknya, makanan tersebut disediakan cuma-cuma alias gratis. Setiap penikmat hanya cukup membayar dengan ucapan “Alhamdulillah”.

REFERENSI :
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/RkjzYORk-cek-fakta-tni-bentangkan-spanduk-menyambut-acara-reuni-212
https://www.tribunnews.com/metropolitan/2016/11/30/silakan-sarapan-gratis-di-lapangan-silang-monas-cukup-bayar-dengan-alhamdulillah
https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/11/30/ohfkdd354-berpassword-alhamdulillah-peserta-nusantara-bersatu-sarapan-gratis
https://www.liputan6.com/news/read/2665290/tni-gelar-apel-nusantara-bersatu-di-monas
https://www.suara.com/news/2016/11/30/081221/ribuan-orang-ikut-aksi-nusantara-bersatu-di-monas

About Adi Syafitrah 391 Articles
noob, nerd,