[SALAH] Demi Palestina, Cristiano Ronaldo Sumbang Rp 21,7 Miliar

Beberapa akun facebook membagikan artikel dari Maklumatnews.com dengan judul seperti diatas. Faktanya, setelah ditelusuri, Pada 28 Mei 2019, AFP menerbitkan artikel yang memuat bantahan dari manajemen Cristiano Ronaldo. “Itu keliru, sama seperti cerita lain yang dipublikasikan tentang Cristiano Ronaldo,” ujar Gestifute, perusahaan manajemen pemain sepak bola, termasuk Cristiano Ronaldo, kepada AFP.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: MEDIA DARING

http://archive.md/PmXgi

======

[PENJELASAN]:

Beberapa akun facebook membagikan artikel dari website maklumatnews.com dengan judul “Demi Palestina, Cristiano Ronaldo Sumbang Rp 21,7 Miliar”. artikel itu telah tayang pada 22 mei 2019 namun kembali beredar baru-baru ini.

Adapun isi dari artikel maklumatnews.com adalah beberapa perisitwa dimana mega bintang sepakbola asal Portugal itu menyumbangkan sebagian hartanya untuk masyrakat palestina sejak tahun 2012 lalu.

Klaim bahwa Cristiano Ronaldo, telah menyumbangkan US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21,7 miliar untuk Palestina pernah diberitakan oleh sejumlah media, baik Indonesia maupun luar negeri.

Setelah ditelusuri, sejumlah media asing sebenarnya telah mempublikasikan artikel yang membantah klaim bahwa Cristiano Ronaldo menyumbangkan uangnya untuk Palestina saat Ramadan.

Pada 28 Mei 2019, AFP menerbitkan artikel yang memuat bantahan dari manajemen Cristiano Ronaldo. “Itu keliru, sama seperti cerita lain yang dipublikasikan tentang Cristiano Ronaldo,” ujar Gestifute, perusahaan manajemen pemain sepak bola, termasuk Cristiano Ronaldo, kepada AFP.

Penjelasan dari Gestifute juga dimuat oleh Associated Press. Menurut juru bicara Gestifute, klaim bahwa Cristiano Ronaldo menyumbangkan uangnya untuk Palestina saat Ramadan merupakan klaim yang keliru. “Dia mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo sering menjadi subyek laporan palsu yang serupa,” tulis Associated Press melalui artikelnya pada 25 Mei 2019.

Menurut Associated Press, situs berita olahraga 9sportpro juga menurunkan artikel itu. Situs ini mengklaim bahwa artikel tersebut diambil dari Infoshqipmedia. Dari situs-situs inilah, informasi keliru mengenai Cristiano Ronaldo yang menyumbang untuk Palestina terus beredar hingga sekarang.

Sementara foto artikel yang digunakan oleh maklumatnews.com terlihat Cristiano Ronaldo memegang bingkai bertuliskan kalimat Tauhid. namun foto itu adalah hasil olah digital dimana foto aslinya menunjukkan momen ketika Cristiano Ronaldo menerima pigura berisi foto dirinya dalam sebuah pertandingan.

Menurut situs media Italia, Gazeta Press, foto yang ada dalam pigura itu adalah momen ketika Cristiano Ronaldo pertama kali memakai ban kapten tim nasional Portugal. Saat itu, Portugal tengah melawan tim nasional Brasil dalam pertandingan persahabatan pada 2006.

Berdasarkan penelusuran diatas, klaim dari maklumatnews.com yang menyebut bintang sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo, telah menyumbangkan US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21,7 miliar untuk Palestina saat Ramadan merupakan klaim yang keliru, serta foto yang digunakan dalam artikel tersebut merupakan foto editan.

======

REFERENSI:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/492/fakta-atau-hoaks-benarkah-cristiano-ronaldo-sumbang-rp-217-miliar-untuk-palestina-saat-ramadan

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4118904/cek-fakta-hoaks-cristiano-ronaldo-sumbang-rp-217-miliar-untuk-palestina

https://factcheck.afp.com/no-ronaldo-did-not-donate-15-million-palestinians-gaza-ramadan