[SALAH] “WADUH, KALAH SAING BIKIN SAKIT HATI, JOKOWI AKAN COPOT PRABOWO??”

Beredar sebuah video melalui Youtube yang diberi judul “Jokowi Ancam Pecat Prabowo”. Video tersebut kemudian disebarkan oleh sebuah akun Facebook dalam sebuah group public bernama @ManusiaMerdeka dengan tambahan thumbnail “WADUH, KALAH SAING BIKIN SAKIT HATI, JOKOWI AKAN COPOT PRABOWO??”. Sontak unggahan tersebut mendapat banyak respon dari warganet. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa apa yang terdapat dalam video tersebut tidak sesuai dengan judul serta thumbnail yang diberikan oleh si pengguna Facebook.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MISLEADING CONTENT (konten yang digunakan untuk mengecoh/framing)

===

SUMBER: FACEBOOK dan YOUTUBE

===

NARASI:

Narasi Facebook: WADUH, KALAH SAING BIKIN SAKIT HATI, JOKOWI AKAN COPOT PRABOWO??

SUNGGUH MIRIS PEMERINTAH ZAMAN NOW BAGAIMANA TANGGAPAN SAUDARA SEBAGAI RAKYAT NKRI,,,???

SEPERTINYA KEJUJURAN AKAN HILANG DI TUBUH PEMERINTAHAN

Judul Youtube: BERITA TERBARU HARI INI ~ JOKOWI ANCAM PECAT PRABOWO, INI ALASANNYA

===

PENJELASAN: Melalui situs berbagi video Youtube, sebuah akun bernama @PojokDunia membagikan video yang diberi judul “Jokowi Ancam Pecat Prabowo”. Video tersebut disebarkan sejak 23 November 2019 dan telah disaksikan oleh 56 ribu pengguna Youtube lainnya. Tak hanya disebarkan melalui Youtube, video tersebut juga dibagikan oleh akun Facebook bernama @RanaO’neil di sebuah grup public bernama @ManusiaMerdeka.

Jika dilihat lagi, terlihat pada unggahan Facebook milik @RanaO’neil terdapat thumbnail foto yang bertuliskan narasi “WADUH, KALAH SAING BIKIN SAKIT HATI, JOKOWI AKAN COPOT PRABOWO??”.  Unggahan Facebook milik @RanaO’neil pun disukai oleh 224 pengguna Facebook dan telah dibagikan sebanyak 46 kali. Namun setelah ditelusuri kembali, unggahan milik @RanaO’neil tidak ditemukan atau telah dihapus.

Dan dari hasil penglihatan video yang diunggah oleh akun @PojokDunia, narasi yang terdapat di dalam video tersebut merupakan narasi yang berasal dari artikel milik Tribunnews.com berjudul “Jubir Istana Fadjroel Rachman Pastikan Prabowo Subianto Dicopot dari Menhan oleh Jokowi Jika” dan artikel dari Tempo.co berjudul “Prabowo Dorong Pemerintah Ghana Beli Alutsista Buatan Indonesia.

Dari kedua artikel tersebut, narasi yang diterbitkan oleh Tribunnews.com berisi pernyataan Juru Bicara Istana, Fadjroel Rachman mengenai penegasan terhadap Menteri di Kabinet Indonesia Maju yang akan dicopot jika tidak serius dalam bekerja. Dalam unggakapannya, Fadjroel menyebut bahwa Jokowi tidak akan tebang pilih dalam memberikan sanksi terhadap Menteri yang tidak serius bekerja. Atau bisa disimpulkan bahwa tidak terdapat narasi yang menyebut secara spesifik mengenai ancaman Jokowi copot Prabowo akibat kalah pamor, seperti halnya unggahan Facebook milik @RanaO’neil.

Sementara narasi yang terdapat dalam Tempo.co juga tidak mempunyai sangkut paut dengan pemberitaan pencopotan Menteri yang tidak serius dalam bekerja. Artikel tersebut berisi pemberitaan mengenai, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang menerima kunjungan dari Menteri Pertahanan Ghana, Dominic BA Nitiwul. Yang juga dapat disimpulkan tidak terdapat narasi seperti halnya yang disebutkan oleh akun Facebook @RanaO’neil.

Klaim yang disebutkan oleh akun Facebook @RanaO’neil tentunya tidak sesuai dengan fakta atau mengarah kepada Misleading Content atau konten yang menyesatkan. Konten tersebut bisa mengarah kepada tafsir yang salah dan bisa mengecoh atau menggiring opini para pembaca.

===

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/MkMV1nwK-hoaks-jokowi-ancam-pecat-prabowo-karena-kalah-pamor
https://www.kominfo.go.id/content/detail/22954/hoaks-jokowi-ancam-pecat-prabowo-karena-kalah-pamor/0/laporan_isu_hoaks
https://makassar.tribunnews.com/2019/11/23/jubir-istana-fadjroel-rachman-pastikan-prabowo-subianto-dicopot-dari-mennah-oleh-jokowi-jika
https://bisnis.tempo.co/read/1274879/prabowo-dorong-pemerintah-ghana-beli-alutsista-buatan-indonesia