[SALAH] “Di Rusia Juga Ada Yang Bersholawat”

Sebuah video beredar melalui media sosial Facebook mengenai seorang wanita yang tengah melantunkan sholawat badar, yang diklaim terjadi di Rusia. Namun setelah ditelusuri, melalui beberapa akun Youtube, tidak benar bahwa lokasi dalam video tersebut terjadi di Rusia.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

NARASI:

Di Rusia jg ada yg bersholawat,,

===

PENJELASAN: Sebuah akun Facebook bernama @MuhammadNur membagikan sebuah video berdurasi 30 detik pada 11 November 2019.  Yang terlihat dalam video tersebut adalah seorang wanita tengah melantunkan sholawat badar yang juga diikuti oleh para penonton. Dalam klaimnya, @MuhammadNur menyebut bahwa lokasi dalam video tersebut adalah di Rusia.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, belakangan diketahui bahwa video tersebut terjadi bukan di Rusia melainkan di Bosnia Herzegovina. Hal tersebut terungkap melalui tayangan video di situs web berbagi video Youtube. Video yang diunggah melalui Youtube dan diberi judul “Kehebatan Shafirah Khasif” diunggah pada 26 Maret 2018.

Bisa disimpulkan bahwa klaim seperti halnya yang disebut oleh @MuhammadNur mengenai tempat kejadian tersebut adalah di Rusia tidak benar adanya. Hal tersebut mengacu kepada ketidaksesuaian narasi dengan video yakni dari segi lokasi.

===

REFERENSI:

https://kominfo.go.id/content/detail/22663/disinformasi-rusia-bersholawat/0/laporan_isu_hoaks
https://www.facebook.com/search/top/?q=di%20rusia%20jg%20ada%20yg%20bersholawat&epa=SEARCH_BOX