[SALAH] Diminta Mundur Dari Jabatan Menko Polhukam, PAK MFLUD NANGIS

Gambar suntingan. Judul berita asli dari situ harianpijar adalah “Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Mahfud MD: Memang ICW Itu Siapa” yang berisi permintaan Indonesia Corruption Watch (ICW) agar Menko Polhukam Mahfud MD untuk mundur dalam waktu 100 hari jika pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak menerbitkan Perppu tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Akun U Ali Hafid (fb.com/u.hafid.3) mengunggah sebuah gambar yang diberi narasi : “Berita terakhir sblm ngopi”

Di gambar tersebut, ada narasi : “Diminta Mundur Dari Jabatan Menko Polhukam, PAK MFLUD NANGIS “

Sumber : https://perma.cc/9BB4-W67C (Arsip) – Sudah dibagikan 100 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, ternyata gambar yang diunggah oleh sumber klaim itu adalah hasil suntingan.

Foto Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang ada di gambar tersebut adalah foto yang diambil oleh wartawan detik.com, Lisye Sri Rahayu dan dimuat di situs tersebut pada tanggal 11 Oktober 2019 ketika Mahfud MD yang saat itu sebagai Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jalan Abdul Rachman Saleh, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019).

Sementara itu, sumber klaim menggunakan foto itu dari situs harianpijar.com pada artikel berjudul “Diminta Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Mahfud MD: Memang ICW Itu Siapa?”.

Sumber klaim mengganti judul pada artikel itu menjadi “Diminta Mundur Dari Jabatan Menko Polhukam, PAK MFLUD NANGIS”

Berikut isi lengkap artikel tersebut ;

harianpijar.com, JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD untuk mundur dalam waktu 100 hari jika pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Memang ICW itu siapa?,” kata Mahfud MD saat dikonfirmasi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa, 29 Oktober 2019.

Mahfud MD juga mengatakan akan memberikan waktu 100 hari kepada ICW untuk membuat pernyataan terkait Perppu KPK. Namun, dirinya tidak secara detail menjelaskan alasannya menyampaikan pernyataan itu.

“Saya beri juga waktu 100 hari untuk ICW, apa namanya untuk membuat pernyataan apapun yang terkait dengan itu (Perpu KPK),” ujar Mahfud MD.

Sementara, menurut Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Mahfud MD lebih baik mengundurkan diri dari Menko Polhukam jika dalam 100 hari pemerintah tidak menerbitkan perppu untuk membatalkan UU KPK yang baru.

Bahkan, ICW menilai aspek hukum dan HAM perlu difokuskan dalam 100 hari Kabinet Indonesia Maju.

“Seharusnya Prof Mahfud mengundurkan diri jika tidak bisa menyelamatkan KPK dalam waktu 100 hari,” kata Kurnia Ramadhana di kantornya, Jakarta, Senin. 28 Oktober 2019.

Namun sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengklaim tengah mempertimbangkan masukan dari semua pihak terkait Perppu KPK. Selain itu, Perppu KPK merupakan kewenangan presiden.

“Jadi tinggal kita nunggu presiden bagaimana. Sudah diolah,” kata Mahfid MD di Hotel JW Marriott, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.

Ditegaskan Mahfud MD, masukan terkait Perppu KPK sudah ada sebelum dirinya dipilih menjadi menteri menggantikan Wiranto. Bahkan, masyarakat juga telah memberikan sikap dan pandangannya mengenai Perppu KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Karena, Perppu KPK merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sehingga dengan posisi tersebut dirinya tidak berwenang untuk mengintervensi penerbitan Perppu KPK. (elz/cnn)

REFERENSI :
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ob3xWBXk-mahfud-md-menangis-diminta-mundur-dari-jabatan-menko-polhukam-ini-faktanya
https://www.harianpijar.com/read/2019/10/30/35572/diminta-mundur-dari-jabatan-menko-polhukam-mahfud-md-memang-icw-itu-siapa
https://news.detik.com/berita/d-4742439/mahfud-md-sebut-usus-wiranto-kena-tusukan
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191029175605-32-443878/mahfud-md-soal-diminta-mundur-memang-icw-itu-siapa

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo