[SALAH] Menag: Allah Bukan Dari Arab, Jadi Kalau Berdoa Di Masjid Pakai Bahasa Indonesia Saja

Artikel suntingan. Pembuat artikel mengambil artikel dari media arus utama lalu disunting dengan menambahkan pernyataan yang tidak berdasar. Versi artikel asli tidak ditemukan pernyataan Menag Fachrul Razi yang menyebut klaim tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten Tiruan
=============================================

Beredar artikel dengan judul “Menag: Allah Bukan Dari Arab, Jadi Kalau Berdoa Di Masjid Pakai Bahasa Indonesia Saja” yang dimuat oleh situs emputnews[dot]blogspot.com.

Di paragraf pertama artikel tersebut, terdapat tulisan yang seolah berasal dari Menteri Agama, Fachrul Razi.

“EMPUTNEWS- Agama (Menag) Fachrul Razi menyerukan imam-imam di masjid untuk memanjatkan doa menggunakan Bahasa Indonesia. Sebab menurutnya Allah bukan dari Arab.”

Sumber : https://perma.cc/6ESG-QSED (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Setelah ditelusuri tim Cek Fakta Medcom.id, ternyata sebagian besar narasi artikel itu disalin dari berita Okezone.com berjudul “Menag Fachrul Razi Serukan Berdoa Pakai Bahasa Indonesia di Masjid” yang tayang pada Kamis, 31 Oktober 2019. Hanya saja, terdapat suntingan fatal pada paragraf pertama sehingga menimbulkan arti yang berbeda.

Di situs Okezone.com tertulis;

“MENTERI Agama (Menag) Fachrul Razi menyerukan imam-imam di masjid untuk memanjatkan doa menggunakan Bahasa Indonesia. Sebab menurutnya tidak semua umat Islam bisa bahasa Arab.”

Dalam naskah aslinya, tidak terdapat kalimat “Sebab menurutnya Allah bukan dari Arab” akan tetapi tertulis “Sebab menurutnya tidak semua umat Islam bisa bahasa Arab.”

Penelusuran berikutnya, imbauan berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia pun bukan sesuatu yang bersifat mutlak. Masih mengutip berita Okezone.com, dituliskan:

“Fachrul Razi mengatakan doa memakai bahasa Arab tetap dipertahankan namun doa menggunakan Bahasa Indonesia bisa disisipkan saat memberi khutbah.”

REFERENSI :
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ObzAoMxN-cek-fakta-menag-sebut-allah-bukan-dari-arab-jadi-doa-pakai-bahasa-indone
https://muslim.okezone.com/read/2019/10/31/614/2123920/menag-fachrul-razi-serukan-berdoa-pakai-bahasa-indonesia-di-masjid?page=1
https://kemenag.go.id/berita/read/511915/menag-buka-lokakarya-peningkatan-peran-dan-fungsi-imam-tetap-masjid

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo