[SALAH] Lowongan Kerja PT Angkasa Pura 1 2019

Pesan berantai tersebut telah dibantah oleh pihak PT Angkasa Pura 1. Manajer Humas AP I Awaluddin menyatakan bahwa pesan tersebut hoaks. “Itu hoaks, kami juga telah mengumumkan melalui media sosial resmi kami,” kata Awaluddin.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: SMS

=====

Narasi:

LOWONGAN KERJA PT.ANGKASA PURA1 2019

Persyaratan Pria & Wanita Pendidikan:

SMA – SMK – S1 – D3

Usia 22thn ke atas Lamaran & CV email:

pt.angkasapura1@hotmail.com

=====

Penjelasan:

Beredar pesan yang berisikan informasi lowongan pekerjaan di PT Angkasa Pura 1. Dalam pesan tersebut disebutkan persyaratan singkat dan alamat email untuk mengirimkan lamaran. Adapun, tertulis alamat emailnya ialah pt.angkasapura1@hotmail.com.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar. Bantahan akan informasi lowongan itu sudah disampaikan oleh pihak PT Angkasa Pura 1. Manajer Humas AP I Awaluddin menyatakan bahwa pesan tersebut hoaks.

“Itu hoaks, kami juga telah mengumumkan melalui media sosial resmi kami,” kata Awaluddin.

Adapun, untuk informasi resmi lowongan kerja, pihak AP1 sudah sering mengimbau masyarakat untuk melihat informasinya di laman resmi milik perusahaan, yakni ap1.co.id. Imbauan itu sudah disematkan pada tiap kanal media sosial resmi milik AP1. Berikut imbauan AP1 melalui berbagai kanal media sosialnya:

[…] Hati-hati terhadap jenis penipuan berkedok informasi lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan PT Angkasa Pura I (Persero). Seluruh proses rekrutmen PT Angkasa Pura I (Persero) diumumkan melalui website resmi perusahaan serta surat kabar nasional. […]

Berdasarkan hal tersebut, maka pesan yang beredar itu masuk kategori Fabricated Content atau Konten Palsu. Pihak AP1 tidak pernah menyiarkan lowongan pekerjaan melalui pesan berantai kepada siapapun. Atas dasar itulah, bagi pencari kerja diharapkan untuk berhati-hati bila menerima pesan berantai mengatasnamakan AP1.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1015074762158392/

https://www.antaranews.com/berita/1137748/beredar-pesan-berantai-lowongan-kerja-pt-angkasa-pura-ini-penjelasannya

https://www.antaranews.com/berita/1137312/beredar-perekrutan-karyawan-ap-i-tegaskan-itu-hoax

https://www.republika.co.id/berita/q0501j414/angkasa-pura-i-tepis-emhoaks-emrekrutmen-pegawai

https://elshinta.com/news/191352/2019/10/30/hoaks-rekrutmen-pegawai-angkasa-pura-i

https://www.covesia.com/news/baca/85584/angkasa-pura-i-tegaskan-info-rekrutmen-karyawan-hoax